Tour de Romandie 2024 Etape 4: Puasa Kemenangan Eks Juara Olimpiade Berakhir di Leysin

Dahaga pembalap EF Education-EasyPost Richard Carapaz untuk memenangi gelaran WorldTour akhirnya tuntas pada Sabtu, 27 April 2024. Ia sukses finis terdepan di puncak gunung Leysin pada etape 4 Tour de Romandie 2024. 

Butuh waktu hampir 1 tahun 230 hari untuk melihat Richie, sapaan Carapaz, memenangi kembali balapan kasta tertinggi UCI ini. Terakhir Richie finis sebagai pemenang balapan WorldTour pada etape 20 ajang Vuelta a Espana pada 10 September 2022 silam. 

Momen kemenangan Richie di etape 4 Tour de Romandie mulai muncul ke permukaan pada 2,2 km jelang finis. Memimpin balapan dengan dua pembalap lainnya yakni Florian Lipowitz (Bora-Hansgrohe) Carlos Rodríguez (Ineos Grenadiers), cyclist asal Ekuador ini melakukan serangan saat mendaki puncak Leysin. 

Carapaz mulai meninggalkan dua pesaingnya pada 2,2 km jelang finis. 

Keputusannya tersebut terbukti tepat. Ia menciptakan jarak yang cukup lebar dengan rival-rivalnya, kurang lebih 10 detik. Di ujung garis finis, Lipowitz mencoba melakukan sprint untuk mengejar Richie. Tapi jarak yang terlampau jauh membuat kemenangan Richie gagal dihentikan. Pada akhirnya Lipowitz harus puas duduk di posisi kedua dan tempat tersisa di podium menjadi milik Carloz Rodriguez. 

"Saya mengambil kesempatan untuk pergi hingga garis finis. Saya tahu jalanan menunggu untuk momen yang saya inginkan," kata Richie.

Etape 4 Tour de Romandie merupakan Queen of Stage, istilah yang menggambarkan pada balapan tersulit di ajang multi-etape. 

Baca Juga: Bromo KOM X Kategori Women Elite: Chika Zerra Berambisi Pertahankan Gelar

"Saya tahu bahwa etape kali ini adalah kunci dan saya punya banyak pilihan. Saya tahu bahwa saya lebih cepat dan saya menikmati itu," imbuhnya. 

Pembalap 30 tahun ini pernah menciptakan kejutan terbesar ketika berhasil menjuarai Giro d'Italia pada 2019 lalu. Tidak ada satu pun para pengamat yang menempatkannya dalam daftar calon juara kala itu. Namanya baru dibicarakan saat memimpin GC (general classification) sejak etape ke-14. Luar biasnya posisinya tersebut ia pertahankan hingga balapan berakhir. 

Momen Carapaz memenangi Giro d'Italia pada tahun 2019.

Karir Richie berada di puncak keemasan pada tahun 2021. Ia menjuarai gelaran multi-event terbesar di dunia, Olimpiade 2021 yang diselenggarakan di Jepang. Ia mengalahkan nama-nama besar seperti Wout van Aert dan Tadej Pogacar yang mewakili negaranya masing-masing. 

Meski memenangi balapan, Richie bakal kesulitan untuk menjuarai Tour de Romandie 2024. Saat ini posisinya masih tercecer di peringkat ke-7 pada papan klasemen GC. Ia tertinggal 49 detik dari Carlos ROdriguez yang memimpin GC. 

Rodriguez tentu memiliki kans juara paling besar. Balapan etape terakhir di Vernier akan menjadi penentunya. Namun, ambisinya menjuarai Tour de Romandie 2024 diganggu oleh duo Bora-Hansgrohe, Aleksandr Vlasov dan Lipowitz. Vlasov sendiri tertinggal 7 detik dari Rodriguez dan Lipowitz berjarak 9 detik. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS