Jalani Proses Pemulihan Pasca Crash Horor, Wout van Aert Absen di Giro d'Italia

Pembalap Visma-Lease a Bike, Wout van Aert, dipastikan tidak akan ikut serta dalam gelaran Giro d'Italia musim ini. Absennya cyclist asal Belgia ini disebabkan cedera yang dideritanya ketika turun di ajang Dwars door Vlaanderen beberapa pekan lalu. 

Giro d'Italia sejatinya masuk dalam daftar event yang akan diikuti oleh Van Aert musim ini. Namun, sial tak dapat ditolak. Tak jelas bagaimana Van Aert terjatuh dari sepedanya kala itu, tapi ia mengalami cedera yang serius. Pembalap 29 tahun ini mengalami patah tulang di beberapa lokasi seperti tulang dada, rusuk, dan selangka. 

Proses penyembuhan Van Aert diklaim sudah di trek yang benar. Tapi mengingat penyelenggaraan Giro d'Italia yang tinggal 23 hari lagi, Van Aert memastikan dirinya absen. Terlebih ia belum dapat berlatih hingga saat ini.  

Wout van Aert menyampaikan kondisinya melalui akun media sosial timnya. 

"Banyak dari luka yang cukup baik saat ini, tapi tulang rusuk saya masih menjadi kendala. Jadi saat ini saya tidak bisa berlatih sama sekali. Itu sebabnya kami mengambil keputusan untuk tidak mengikuti Giro d’Italia,” jelas Van Aert dalam video yang dirilis timnya, Visma-Lease a Bike.

Situasi ini tentu tidak menguntungkan bagi Van Aert. Sebab, Giro d'Italia merupakan salah satu dari tiga grand tour paling bergengsi di ajang UCI WorldTour. Tapi keputusan ini wajib ia ambil demi tampil optimal dalam dua balapan grand tour lainnya, yakni Tour de France dan Vuelta a Espana.

“Ini sangat disayangkan. Namun, saat ini saya perlu memprioritaskan kesehatan saya, dan saya perlu memberi tubuh saya waktu untuk pulih," imbuhnya. 

Baca Juga: Jelang Amstel Gold Race, Mathieu van der Poel Berpeluang Ulangi Kemenangan Fenomenal Paris-Roubaix

Kecelakan di ajang Dwars door Vlaanderen pada Rabu, 27 Maret 2024, melibatkan sejumlah pembalap lain seperti Jasper Stuyven dan Alex Kirsch dari Lidl-Trek. Tapi cedera Van Aert yang paling parah.

Van Aert menjalani operasi segera pasca kecelakan. Dampaknya ia harus absen di balapan klasik Tour of Flanders dan Paris-Roubaix. Ia sempat optimis di Giro d'Italia, tapi kenyataan berkata lain. 

Absennya Van Aert dari daftar pembalap menjadi kehilangan besar bagi Visma-Lease a Bike. Apalagi, klub yang berbasis di Belanda ini juga harus menerima kenyataan tak diperkuat superstar mereka yang bakal jadi andalan utama di ajang perebutan general classification, Jonas Vingergaard. 

Pembalap Denmark itu bernasib serupa dengan kompatriotnya tersebut setelah terlibat insiden kecelakaan horor pada etape 4 Tour Basque Country 2024 minggu lalu. Vingegaard dilaporkan mengalami patah tulang rusuk dan selangka karena jatuh ke parit. 

Sejauh ini Visma-Lease a Bike merilis delapan pembalap yang akan diturunkan pada balapan di Giro d'Italia. Nama yang paling mencolok ialah Olav Kooij dan Christophe Laporte. (Mainsepeda)

 

 


COMMENTS