Strategi Cerdas UAE Team Emirates Bawa Juan Ayuso Menjuarai Tour Basque Country 2024

Taktik berkelas UAE Team Emirates membawa pembalapnya Juan Ayuso menjuarai Tour Basque Country 2024. Pembalap muda 21 tahun ini mengklaim posisi teratas GC (General Classification) usai meraih posisi kedua pada balapan etape terakhir, Sabtu 6 April 2024

Pembalap Lidl-Trek Mattias Skjelmose mengawali balapan etape 6 di Eibar dengan keunggulan tipis di klasemen GC. Ia hanya unggul dua detik dari pembalap Bora-Hansgrohe, Max Schachmann, dan selang empat detik kemudian dengan Ayuso. 

Melihat peluang juara masih terbuka lebar bagi Ayuso, UAE Team Emirates pun berinisiatif membantu pembalap Spanyol tersebut. Strategi utamanya ialah mencoba memberikan tekanan kepada Skjelmose sepanjang balapan. Rekan setim Ayuso, Marc Soler, yang pertama menyerang. Serangan terhadap Skjelmose ia lakukan pada jalur tanjakan kategori 1 di Krabelin. Meski selalu bisa bertahan, tapi gangguan bertubi-tubi dari UAE Team Emirates membuat Skjelmose kesulitan menjaga jarak dari Ayuso. 

Carlos Rodriguez memenangi etape terakhir di Tour Basque Country 2024. 

Hanya saja ada satu hal yang di luar perhitungan, yakni pembalap INEOS Grenadiers, Carlos Rodriguez. Cyclist 23 tahun ini melihat penjagaan ketat kepada Skjelmose membuka celah bagi dirinya untuk terus menguntit Ayuso serta merebut kemenangan. 

Dan perhitungan Rodriguez tepat. Ia sukses meraih kemenangan usai akselerasinya di 500 meter jelang finis tak dapat diantisipasi Ayuso.

Baca Juga : Paris-Roubaix: Setelan "Cobble" Relevan untuk Gowes di Indonesia

Walaupun kalah, Ayuso berhasil mengklaim juara GC karena finis 41 detik lebih cepat dari Skjelmose. Artinya ia berhasil memangkas 4 detik ketertinggalanya di awal balapan. 

"Hari ini adalah hari yang luar biasa, tapi harus diakui kerjasama tim menjadi perhitungan utama," jelas Ayuso. 

"Kami punya beberapa pembalap di sela balapan, Marc (Soler) kemudian melaluinya dan itu adalah jembatan yang saya butuhkan. Tanpa mereka, saya rasa mustahil," imbuhnya.   

Ayuso dan Rodriguez berhasil breakaway dengan jarak 41 detik dari kelompok pembalap di belakang mereka. 

Titel juara di Tour Basque Country 2024 merupakan prestasi terbaik Ayuso sejauh ini. Pencapaian ini cukup luar biasa mengingat usia Ayuso yang masih sangat muda. Saat ini ia berusia 21 tahun.

Selain membawa pulang jersey kuning, Ayuso juga menguasai klasemen pembalap muda. Ia unggul jauh dari rekan setimnya Issac del Toro dengan jarak 2 menit 15 detik. Klasemen poin masih menjadi milik Alex Aranburu (Movistar) dengan koleksi 40 poin. Sedangkan, juara klasemen King of Mountain (KOM) jatuh kepada pembalap Visma-Lease a Bike, Sepp Kuss.

Meskipun demikian, Ayuso tak dapat menutupi fakta bahwa keberhasilan merebut juara di Tour Basque Country 2024 karena adanya insiden kecelakaan horor pada etape 4. Kecelakaan tersebut memaksa pembalap-pembalap unggulan seperti Jonas Vingegaard (Visma-Lease a Bike), Remco Evenepoel (Soudal Quick-Step), dan Primoz Roglic (BORA-Hansgrohe) keluar dari persaingan karena cedera. Sejak saat itu persaingan gelar GC menjadi sangat cair dan Ayuso memiliki kans lebih besar keluar sebagai juara. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS