Recovery Ekspres, Seminggu Habis Kena Demam Berdarah Michael Calvino Langsung Gowes

Michael Calvino beruntung punya hobi bersepeda. Andai tidak punya kebiasaan berolahraga rutin, belum tentu dia bisa sembuh dari penyakit demam berdarah dalam waktu yang cukup singkat.

Cyclist yang juga selebgram ini telah meninggalkan rumah sakit tempat ia dirawat di Surabaya dan kembali ke Semarang pada Jumat malam, 8 Maret 2024. Dan hanya butuh waktu sepekan, ia sudah kembali mengayuh pedalnya. 

Sebelumnya, Michael merupakan peserta East Java Journey (EJJ) 2024 yang turun di nomor Men Pair 1.500 km. Ia berpasangan dengan Adika Ranggatama. Tapi di tengah perjalanan, tepatnya di kilometer ke-795, Michael akhirnya harus menepi. Ia tidak mampu melanjutkan tantangan EJJ 2024 karena sakit.

Michael saat bersepeda untuk pertama kali pasca sakit. 

Michael langsung dilarikan ke rumah sakit di Surabaya oleh tim Mainsepeda untuk segera mendapatkan perawatan medis. Trombositnya kala itu sangat rendah. Jika pada pria normal jumlah trombosit berkisar 135.000-317.000 mcL, trombosit Michael drop hingga 28.000 mcL saja. Kondisi tersebut bisa dikatakan kritis. Untungnya, karena penanganan yang cepat, kondisinya tak lantas memburuk.

"Dokter mengakui, proses penyembuhan pasca sakit termasuk cepat. Trombositnya naik cepat karena biasa olahraga. Penyembuhan total memang dua minggu, tapi Sabtu kemarin sudah gowes," kata Michael. 

Baca Juga: Kolom Sehat: Tales of Unfortunate Events

Comeback Michael ditandai gowes jarak menengah dengan mengelilingi kota Semarang sejauh 60 km. Keputusannya ini cukup berani meski dia sudah mendapat izin dari dokter.

Meskipun demikian, Michael mengakui kondisinya belum 100 persen. Napasnya masih tersengal-sengal. Jantung dia berdetak lebih cepat. 

"Tapi ini sudah 90 persen. Masih proses adaptasi saja. Sama dokter jangan sampai kecapekan, takutnya terkena penyakit lain karena kondisi belum fit benar," imbuhnya. 

Meskipun demikian, Michael sudah berpikir untuk kembali mengikuti berbagai event balap sepeda. Salah satunya event signature milik Mainsepeda Bromo KOM X pada 18 Mei nanti. 

Michael menargetkan untuk memperbaiki catatan waktunya. Sebelumnya, dia mencatatkan waktu 2 jam 5 menit 20 detik pada ajang Bromo KOM 2023. (Mainsepeda)

 


COMMENTS