Ismail Saputra Ikut EJJ 2024 Berbekal "Sponsor" Hadi Tombro

Tak ada niatan serius di awal bagi Ismail Saputra untuk mengikuti event signature Mainsepeda East Java Journey (EJJ) 2024 yang digelar pada 26 Februari-3 Maret lalu. Tapi berkat rayuan Trihadi Siswanto alias Hadi Tombro, Ismail akhirnya luluh juga. Cyclist 26 tahun ini pun nekat mengikuti kategori tertinggi 1.500 km. 

Ajakan Trihadi ini bukan cuma isapan jempol. Ismail bahkan diberi pinjaman sepeda dan segala kebutuhan lainnya untuk mengikuti event ultra cycling kali ini. Hadi Tombro pun jadi 'sponsor' utama Ismail.

Seperti diketahui, Hadi Tombro merupakan pembalap ultra cycling nasional yang sudah malang melintang di event internasional. Sebelumnya mengikuti EJJ 2024, Hadi Tombro telah mengikuti tantangan 750 km ajang Badlands 2023 di Granada, Spanyol. Pada EJJ 2024, cyclist asal Sidoarjo menaklukan tantangan 1.500 Km hanya dalam waktu 91 jam 58 menit 23 detik. Ia pun berhasil menyabet posisi runner up di kelas Men 39 and Under.

EJJ 2024 dengan jarak 1.500 Km merupakan rute terjauh yang ditempuh Ismail Saputra. 

"Ini kan dia (Hadi Tombro) yang ngajakin. Itu sepeda dia, dia juga minjemin tas. Dia juga yang ngajakin gowes, tapi memang sudah lama suka gowes sih," kata Ismail. 

Event EJJ 2024 kategori 1500 Km merupakan gelaran terjauh yang pernah Ismail ikuti. Ia mengaku jarak terjauh gowes yang pernah dilakukan adalah 600 km. Itu pun sudah dua tahun lalu. 

Baca Juga : Women's Cycling Community Surabaya Bantu Ringankan Beban Penderita Kanker Anak

"Ini baru 1500 Km. Pernah 600 Km, tapi sudah 2 tahun lalu, abis itu ga pernah. Biasanya cuma muter2 PIK (Pantai Indah Kapuk), tiba-tiba ini 1.500 Km," imbuhnya. 

Meskipun demikian, Ismail tidak turun dengan tangan kosong. Ia mengaku telah melakukan latihan yang cukup intensif. Salah satunya gowes Jakarta-Bandung-Jakarta dengan jarak 350 km dengan elevasi mencapai 2.800 meter.

Aksi Ismail melibas lintasan menanjak pada event EJJ 2024. 

Pria asal Palembang ini juga menambah pengetahuannya dengan menyaksikan cuplikan video-video tentang ultra cycling melalui Youtube. 

"Belajar juga di Youtube, sempet bingung juga bawa apa. Konsul sama mas Tombro suruh bawa makanan yang banyak," kata Ismail sambil berkelakar. 

Ismail sukses merampungkan tantangan EJJ 2024 kategori 1.500 Km dengan finis di bawah COT (Cut of Time). Ismail menyelesaikan balapan di peringkat ke-5 kelas Men 39 and Under dengan catatan waktu 114 jam 15 menit 8 detik. 

Hasil ini sudah sesuai dengan target yang ia canangkan. Sebelumnya ia menargetkan akan mengakhiri event ini dalam empat hari saja. Waktu COT yang ditetapkan penyelenggara adalah 160 jam. (Mainsepeda)


COMMENTS