Detak Jantung Tak Normal Lagi, Peter Sagan Kembali ke Meja Operasi

Operasi jantung mantan juara dunia road race Peter Sagan tiga pekan lalu tampaknya belum berhasil mengatasi gejala kelainan irama jantung (aritmia) yang dia alami. Pembalap Slovakia itu mengumumkan akan kembali naik ke meja operasi setelah detak jantungnya kembali tak normal saat menjalani latihan di Marseille, Senin, 18 Maret 2024. 

Sebelumnya, Sagan menjalani operasi jantung pertamanya beberapa pekan lalu. Tepatnya pada 23 Februari 2024. Saat itu tim dokter yang dipimpin ahli jantung asal Italia dr. Roberto Corsetti mengimplan monitor untuk melacak ritme jantung pembalap asal Slovakia itu. 

Sagan diketahui mengalami gejala aritmia atau detak jantung tidak normal. Detak jantung pembalap Slovakia itu mencapai 200 detak per menit. Terlalu tinggi. Bandingkan dengan detak jantung normal yang berada di kisaran 60-100 detak per menit.

Global Cycling Network menyebutkan bahwa Sagan lantas menjalani tindakan ablasi, yakni prosedur memperbaiki aritmia yang dilakukan dengan cara membangun jaringan parut di jantung. Tujuannya, memblokir sinyal listrik yang tidak teratur dan mengembalikan detak jantung menjadi normal. 

Operasi yang dilakukan di Lancisi University Hospital di Ancona itu awalnya dianggap sukses. Sebab, dia sudah kembali terjun ke arena latihan sepekan setelah prosedur medis itu dilakukan. Namun, setelah tiga pekan berjalan, rupanya sagan masih menunjukkan gejala yang sama. 

Tim dokter mengkonfirmasi bahwa masih ada masalah di jantung Sagan. Mereka pun memutuskan untuk kembali melakukan operasi yang rencananya dilakukan pekan depan.

"Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, bisa dibilang jantungku butuh pit stop dan saya akan menjalani operasi minggu depan," jelas Sagan.

Kabar ini cukup mengejutkan. Pasalnya, Sagan baru saja mengumumkan penandatanganan kontrak dengan the Specialized Factory Racing team untuk musim 2024. Tim balap sepeda kategori Mountain Bike (MTB).

"Saya sangat bersemangat dalam lingkungan baru MTB dan saya bergabung The Specialized. Walaupun ada beberapa masalah kesehatan awal tahun ini, saya kembali ke tempat latihan dan tertarik untuk musim baru," kata Sagan. 

Sagan absen dalam Coupe de France VTT Marseille akhir pekan lalu karena alasan kesehatan. Namun, rekan timnya yang baru Victor Koretzky berhasil memenangi ajang tersebut. 


COMMENTS