Tirreno-Adriatico 2024 Etape 6: Gelar Juara di Depan Mata Jonas Vingegaard

Gelar juara Tirreno-Adriatico 2024 sudah ada di depan mata pembalap Visma-Lease a Bike, Jonas Vingegaard. Cyclist asal Denmark ini merebut kemenangan kedua beruntunnya usai melewati puncak Monte Petrano sebagai pimpinan balapan pada etape 6 Sabtu waktu setempat (9/3). 

Hasil ini membuat Vingegaard semakin mengokohkan posisi di puncak klasemen juara umum (GC). Jarak waktunya dengan pesaing terdekatnya pun semakin melebar. Tercatat Vingegaard unggul 1 menit 24 detik dari pembalap UEA Team Emirates Juan Ayuso yang menempati posisi kedua. Sementara jarak waktu dengan pembalap di ketiga, Jai Hindley (Bora-Hansgrohe) menjadi 1 menit 52 detik. 

"Saya melakukannya karena saya suka kemenangan. Tim juga berjuang hari ini dan sekali lagi, ini sangat baik ketika mampu membayar kepercayaan tim. Saya senang bisa menang lagi," jelas Vingegaard setelah balapan.

Jonas Vingegaard terlihat menjauh dari kejaran Jai Hindley dan Juan Ayuso.

Berangkat dari Sassoferrato dan menuju Cagli, Vingegaard memulai balapan dengan keunggulan 54 detik di klasemen GC dari Ayuso. Hal ini membuat kepercayaan dirinya memuncak.

Saat balapan menyisakan 6 Km, Vingegaard mengayuh sepedanya dengan kencang dan berhasil meninggalkan dari dua pesaing terdekatnya  Ayuso dan Hidley. Setelahnya Vingegaard seolah berkendara seorang diri. Keahliannya sebagai cyclist yang memiliki keunggulan di jalur tanjakan pun tidak perlu diragukan.

Posisi kedua balapan etape 6 direbut oleh Ayuso setelah menenangi duel sengit dengan Hindley jelang finis. 

"Saya pikir saya manusia pertama di balapan ini, yang mampu bersaing dengan Jonas (Vingegaard)," ungkap Ayuso. 

Pembalap Spanyol ini sempat melakukan pergantian sepeda karena permasalahan teknis. Tapi ia dapat kembali ke trek dan menunjukkan determinasi yang kuat untuk bersaing dengan Vingegaard. Meskipun demikian, ia mengakui sulit untuk mengganggu dominasi juara dua kali Tour de France ini. 

"Saya benar-benar mencoba untuk mempertahankan jarak dengannya. Saya pikir semua orang melihat ketika saya harus berhenti, tapi saya mencoba untuk bersaing dengannya. Dan mungkin terlihat mustahil, tapi saya mengalami peningkatan dari etape sebelumnya. Saya berada di jalur yang benar," imbuhnya. 

Etape penutup pada ajang Tirreno-Adriatico 2024 akan menempuh jarak sepanjang 154 Km dari San Bendetto del Tronto menuju tepi pantai Laut Adriatic. 

Balapan ini akan melalui beberapa rute tanjakan, namun setengah bagian akhirnya ialah trek jalan datar. Jalur ini akan sangat menguntungkan bagi para pembalap yang memiliki keahlian sprinter.

Tugas Vingegaard cukup mudah. Ia hanya perlu mempertahankan keunggulan waktunya dan meminimalisir terjadinya kesalahan. Dengan cara itu, Vingegaard akan merebut gelar juara Tirreno-Adriatico 2024. Gelar yang belum pernah ia raih di sepanjang karirnya. (Mainsepeda)

 

Results powered by FirstCycling.com

 


COMMENTS