Ya Tuhan, Helm Model Apa Lagi Ini...

Persaingan WorldTour 2024 semakin memanas. Tim-tim makin serius bersiap menuju balapan-balapan terbesar, khususnya Tour de France. Perlengkapan dan aksesori baru pun bermunculan. Salah satu yang paling mencuri perhatian: Helm time trial (TT) baru yang dipakai oleh tim papan atas Visma-Lease a Bike di Tirreno Adriatico, Senin ini, 4 Maret 2024.

Helm buatan Giro itu dikenakan oleh Jonas Vingegaard dkk di etape TT pembuka lomba di Italia tersebut. Tentu untuk menguji keampuhannya, siapa tahu bisa jadi senjata andalan di Tour de France 2024, yang memiliki total jarak 60 km TT.

Tujuan bentuk helm unik ini tentu satu: Membuat pembalap melaju lebih cepat lagi. Dari sudut tertentu, helm ini membuat kepala pembalap terlihat seperti kepala ikan hiu.

Menurut tim, desain ini membantu menolong memuluskan aliran angin secara konsisten, mengurangi kantong-kantong vakum di sekitar kepala. Mengingat kecepatan pembalap bisa konstan mendekati 60 kph saat TT, setiap detail akan menolong.


Desain helm TT unik yang tahun lalu diperkenalkan Specialized.

Desain helm unik untuk TT sebenarnya juga bukan hal baru di WorldTour. POC dulu pernah bikin helm berbentuk lebar. Tahun lalu, Specialied memperkenalkan helm TT yang harus dipadu dengan pembungkus kepala!(mainsepeda)

        


COMMENTS