Curi Kemenangan dari Groves, Molano Raih Kemenangan Kedua di Vuelta!


Selebrasi Juan Sebastian Molano di garis finis etape ke-12 Vuelta a Espana

Juan Sebastian Molano (UEA Team Emirates) meraih kemenangan di etape ke-12 Vuelta a Espana. Kemenangan Molano bisa dibilang sedikit beruntung, karena Kaden Groves (Alpecin-Deceuninck) mengalami kendala mekanis di 200 meter terakhir yang membuat Molano akhirnya bisa memanfaatkan peluang untuk mencuri kemenangan. Kemenangan ini juga menjadi kemenangan kedua Molano di Vuelta a Espana.

Etape ke-12 berjarak 150,6 kilometer dengan start di Olvega menuju Zaragoza. Etape ke-12 memiliki rute dengan beberapa tanjakkan panjang yang harus dilalui pembalap hingga akhirnya di 40 kilometer terakhir rute mendatar akan menjadi ajang bagi para pembalap untuk melakukan sprint hingga garis finis.

Jetse Bol (Burgos-BH) bergabung dengan Abel Balderstone (Caja Rural-Seguros RGA) memimpin balapan di awal etape hingga di 300 meter terakhir, tim Alpecin-Deceuninck mengantarkan Groves untuk melesat ke posisi terdepan.

Groves melakukan serangan dari sisi kanan untuk melaju ke posisi terdepan dan memberikan jarak cukup jauh dari pembalap di belakang. Sayangnya Kaden Groves mengalami masalah di sepedanya ketika balapan hanya menyisakan 200 meter terakhir menuju finis.

Molano yang berada di belakang Groves memanfaatkan kesempatan ini untuk melesat ke posisi terdepan. Molano kemudian berhasil mencuri kemenangan dari Groves, sementara Groves harus puas berada di posisi kedua dan disusul Boy van Poppel (Intermarché-Circus-Wanty) melengkapi podium di posisi ketiga.


Adu sprint di beberapa meter terakhir jelang garis finis etape ke-12

“Kemenangan ini semua berkat kerjasama tim yang luar biasa, mereka membantu saya untuk bisa menang hari ini,” ucap Molano dilansir dari Cyclingnews.

“Saya senang karena bisa kembali meraih kemenangan di Vuelta setelah tahun lalu saya juga berhasil menang disini,” tutup Molano.

Kemenangan ini merupakan kemenangan kedua Molano di Vuelta a Espana, tahun 2022 lalu Molano menjadi kemenangan pertama Molano di Vuelta. Kemenangan ini juga kemenangan ke-22 Molano di sepanjang karirnya dan sekaligus mempersembahkan kemenangan ke-48 bagi timnya UEA Team Emirates musim ini.

Sementara, di klasemen general classification (GC) tidak ada perubahan yang terjadi. Sepp Kuss (Jumbo-Visma) masih bisa mempertahankan posisinya di klasemen GC. Rekan setim Kuss, Primoz Roglic (Jumbo-Visma) berhasil mendapatkan bonus waktu empat detik dari sprint untuk memperkecil jarak menjadi 23 detik dari Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep) yang berada di posisi ketiga. Posisi kedua masih dihuni Marc Soler (UEA Team Emirates) yang berjarak 26 detik dari Kuss di posisi pertama.(Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS