Abdul Soleh-Magh Fira Curi Kemenangan di Ijen KOM 2023

Abdul Soleh dan Magh Firatika Marenda menjadi juara kategori Elite di EJ Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023. Keduanya bisa dibilang sukses mencuri kemenangan dari pesaingnya.

Abdul Soleh berhasil finis pertama setelah terlibat adu sprint dengan Ilham Dzikri Ramadhan (Ilham DR). Kedua pembalap itu memang bersaing ketat di klasemen Trilogi Jatim 2023.

Di event pertama Trilogi Jatim 2023, Antangin Bromo KOM Challenge 2023, Abdul Soleh berhasil menjadi juara. Ia dikuntit oleh Ilham di posisi kedua.

Dan dengan persaingan ketat itu, Ilham ingin ngepush untuk mencuri kemenangan di Banyuwangi. Awalnya, upaya itu berhasil. Ilham sempat ngepush untuk menangkap peloton elite di depannya. Tepat menjelang tanjakan Erek-Erek.

Pada 5 km menjelang finis, Ilham sempat sendirian di depan. Ia sempat leading hingga 1 km jelang finis.  Tapi speed-nya kemudian ngedrop.

Tak disangka Soleh berhasil mendekat. Terjadilah adu sprint menuju finis, dan Abdul Soleh berhasil merebut posisi pertama. Soleh pun keluar sebagai juara EJ Sport Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM 2023. Sekaligus mempertahankan posisi pertama di klasemen Trilogi.

Ilham tak menyerah. Ia coba merebut posisi pertama klasemen Trilogi Jatim sekaligus menjadi juara umum dengan menarget podium pertama di Kediri Dholo KOM Challenge 2023, yang digelar 24 September mendaatang.

“Saya coba latihan maksimal di Dholo agar bisa menyalip di akhir Trilogi,” katanya.

Ilham sendiri belum pernah turun di Kediri Dholo KOM Challenge. Tapi, rute tanjakan di sana sudah ia pahami. “Kan kami selama ini trainingnya di Tulungagung. Jadi sudah beberapa kali nanjak di rute Dholo KOM,” kata cyclist dari Gentlemen Cycling Community (GCC) itu.

Sementara itu Abdul Soleh mengaku hasil yang ia dapat itu sesuai target. Apalagi ia memang sudah hafal rute Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge. “Saya kan pernah ikut BRCC. Jadi dulu latihannya ya di sini. Jadi sudah hafal. Kapan harus ngepush kapan simpan tenaga,” jelas cyclist yang kini membela klub NIB Cycling Team itu.

Magh Fira Kalahkan Tuan Rumah

Sementara itu kategori Women Elite, puncak klasemen Trilogi Jatim 2023 terjadi nilai yang sama. Magh Firotika Marenda berhasil membuntuti Chika Zerra, yang sebelumnya memimpin klasemen Trilogi Jatim 2023 karena berhasil menjadi juara di Antangin Bromo KOM Challenge 2023.

Di EJ Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2023, Magh Firo berhasil mencuri kemenangan. Ia meraih juara satu. Mengalahkan “akamsi” atau anak kampung sini (anak Banyuwangi) si Chika Zerra.

“Kondisi saya kurang fit. Agak flu. Tak bisa ngepush. Sampai kesalip penghobi dan kelompok umur,” kata Chika.

Chika berharap bisa menyalip Magh Firo lagi di Kediri Dholo KOM Challenge nanti. “Semoga bisa comeback dan mempertahankan gelar juara,” ungkapnya.

Sementara itu, Magh Firo mengatakan ia berlatih serius menjelang Ijen KOM untuk mewujudkan misinya meraih gelar juara. Ia tak ingin ada kendala lagi seperti saat di Bromo KOM. “Kemarin aku di Bromo sempat kram. Jadi gak bisa maksimal. Kemarin saya latihan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kram lagi,” katanya.

Magh Firo mengaku sempat nervous karena ia tak tahu rute keseluruhan Ijen KOM tahun ini. Tahun lalu memang ia sudah ikut, tapi rute saa itu masih sebatas sampai Gatasan. Tidak finis di Paltuding. Tidak melintasi tanjakan Monster Climb-nya Indonesia, Erek-Erek.

Dengan posisi di klasemen sama kuat, Magh Firo mengaku siap habis-habisan di Kediri Dholo KOM. Ia ingin meraih gelar juara Trilogi Jatim tahun ini.(mainsepeda)

JUARA EJ BANYUWANGI BLUE FIRE IJEN KOM CHALLENGE 2023

Women ELITE
1. MAGH FIROTIKA MARENDA
2. CHIKA ZERRA
3. JIREH WALELENG

Women 30-34
1. NOVIA PANGGESO
2. DIMITRA HARTONO
3. NELY ARISA

Women 35-39
1. PRISCILLIA GUNAWAN
2. MARISA OETOMO
3. AUDE GOREC

Women 40+
1. LUSIA
2. HENNY DEWI
3. IVO ANANDA

Men ELITE
1. ABDUL SOLEH
2. ILHAM RAMADHAN
3. ADE MEISA

Men 25-29
1. WILI SETIAWAN
2. MUHAMMAD ALIF
3. ZEIN HABIBIE

Men 30-34
1. FIRMAN HIDAYAT
2. BAGUS HEFNAR
3. DWI FISABIL

Men 35-39
1. TAUFIK WALHIDAYAH
2. EKO SETIAWAN
3. HARIS PRASOJO

Men 40-44
1. YOHANES T WIJAYA
2. WAHYU SBG
3. RENGKONG WANGSA

Men 45-49
1. DENI SUDRAJAT
2. JUWANTO
3. GUNAWAN BASSO

Men 50-54
1. SADIMAN
2. ASRIL KURNIADI
3. ANDRIAN PATRIA

Men 55-59
1. E NASRUDIN
2. GUNTUR PRIAMBODO
3. EDY SANTOSO

Men 60+
1. JULAK YAYAN
2. MISKAN SUBEKTI
3. SADI HARIONO


COMMENTS