Ikut Ijen KOM, Yanizar: Mainsepeda itu Terkenal dengan Event yang "Menyiksa"

Rute yang "menyiksa" ternyata menjadi alasan Yanizar Suryadratama turun di EJ Sport Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM 2023. Sejak pertama digelar pada 2023, Nizar -sapaan akrab Yanizar- sebenarnya sudah tahu soal Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge. Tapi ia merasa rute gowes nanjak yang tahun itu hanya sampai Gatasan kurang menantang dan menyiksanya.

Begitu tahu tahun ini EJ Sport Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM 2023 rutenya finis hingga Paltuding, Nizar tak banyak pikir. Langsung daftar. Cyclist asal komunitas Bali Action Racing Team (BART) yang  berdomisili di Gianyar, Bali itu bakal turun di kategori Men 25-29.

“Mainsepeda kan terkenal selalu bikin event yang ‘menyiksa’. Jadi karena tahun ini finisnya di Paltuding, saya tertarik buat ikut dan mau merasakan siksaan tanjakan 31 persen itu,” ujar Nizar.

Baca Juga: Panduan Tanjakan Ijen KOM: Bisa Mensyukuri Kemiringan 10 Persen!

Nizar sendiri mengaku sebenarnya sudah tidak asing dengan tanjakan di Ijen. Sebagai orang kelahiran Banyuwangi, Nizar memang sudah beberapa kali pergi ke Gunung Ijen untuk berwisata. Pernah sekali ia bersepeda menuju Paltuding.

“Saya suka berkompetisi. Sebelumnya saya pernah gowes sendirian ke Ijen. Jadi yang sekarang tentu lebih menantang karena bisa rece sama banyak cyclist,” ungkapnya.

Baca Juga: Datang dari Makassar, Oljen Jadi Komunitas Pertama yang Mengambil Starter Kit

Nizar datang ke Ijen tak sekadar ingin finis under cut off time (COT) di Ijen KOM. COT EJ Sport Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM 2023 adalah pukul 13.00 WIB. Tapi Nizar membidik bisa finis lima besar.

“Tanjakan di Ijen jelas berat. Tapi ya harus berusaha naik terus dan nggak menyerah. Kalau nggak kuat ya tinggal dituntun. Rugi banget kalau sudah daftar, tapi nggak finis,” pungkas.

Nizar sudah mengambil starter kit Gedung Wanita Paramitha Kencana Banyuwangi, Jumat siang 28 Juli 2023. Di dalam starter kit itu sama dengan peserta lainnya, Nizar mendapatkan body number, bike number, seat post number, jersey, cotton t-shirt, dan barang dari sponsor event EJ Sport Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM 2023. Tahun ini peserta juga dibekali timing chip untuk akurasi data.(mainsepeda)


COMMENTS