CBC Kudus Kirim Peserta Terbanyak, Anggotanya Gowes Situbondo-Banyuwangi

Cynthia Box Cycling dari Kudus menjadi komunitas terbanyak yang mengirimkan anggotanya untuk berkompetisi di EJ Sports Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM 2023. Total ada 18 anggota CBC Kudus yang akan berangkat menuju Banyuwangi. Event itu sendiri digelar 29 Juli 2023.

Di luar soal mengirim personel terbanyak, ada hal unik lainnya dari komunitas ini. Tidak semua anggota CBC puas duduk di dalam mobil dari Kudus menuju Banyuwangi. CBC berangkat dari Kudus, Kamis malam, pukul 21.00 WIB.

Beberapa anggota CBC setiba di Situbondo, Jumat pagi sekitar pukul 6 memilih melanjutkan perjalanan dengan cara gowes. Gowes dari Situbondo menuju Banyuwangi. Mereka baru tiba di Banyuwangi pukul 12.00 WIB.

"Agak lama karena kami juga sempat mampir ke Taman Nasional Baluran untuk berwisata," kata Suwito, Ketua CBC Kudus, yang datang mengambil starter kit, Jumat sore sekitar pukul 17.00 WIB.

Suwito mengatakan, anggotanya memilih gowes dari Situbondo-Banyuwangi sebagai pemanasan. Apalagi CBC Kudus menargetkan salah satu anggotanya untuk bisa meraih podium di Ijen nanti. Yakni Maulana Fahrizal Kurniawan yang turun di kategori Men 25-29. Rizal -sapaan akrabnya- diharapkan mampu membawa pulang trofi Ijen KOM ke Kudus nanti. 

Rizal memang menjadi salah satu pembalap CBC Kudus yang ikut di Trilogi Jatim. Di Bromo lalu, Rizal meraih posisi keempat dengan catatan waktu 1 jam 37 menit 30 detik.

Ketika ditanya mengenai kesiapannya menuju Ijen, Rizal mengaku setiap hari rutin gowes melahap rute tanjakan bersama personel CBC. "Target saya mengincar tambahan poin di klasemen Trilogi Jatim dan bisa meraih podium. Semoga bisa finis selamat dan bisa melengkapi medali Trilogi Jatim,” ucap Rizal.

Saat ini Rizal berada di posisi keempat klasemen Trilogi Jatim. Ia mengoleksi 10 poin. Rizal juga berpotensi mendapatkan tambahan 20 poin di klasemen akhir karena ia sudah memastikan mendapatkan slot Trilogi Jatim. Tinggal menunggu kepastian apakah ia akan benar-benar turun di Ijen dan Kediri Dholo KOM Challenge 2023.

Tidak hanya terdaftar di Ijen memang. CBC Kudus juga sudah mendaftarkan lima anggotanya di Kediri Dholo KOM 24 September mendatang. Kemungkinan mereka juga masih akan menambah personel di Kediri nanti.

Kali pertama CBC Kudus ikut di event yang digelar Mainsepeda.com di Bromo KOM edisi 2019 lalu. Sejak saat itu, setiap tahunnya CBC Kudus rutin mengirimkan anggotanya di event mainsepeda. Terutama Bromo KOM.

"Dari beberapa event yang pernah kami ikuti, Bromo KOM tentu yang paling berkesan dan menantang. Dari awal sampai akhir full tanjakan tinggi, jika dibandingkan di tanjakan Ternadi Kudus sangat jauh,” ujar Suwito.

Ketika ditanya mengapa tertarik ikut di Ijen KOM, Suwito membeberkan bahwa event yang dibuat Mainsepeda selalu well organized. Rasa penasaran dengan tanjakan Ijen juga menjadi dasar mencoba event EJ Sports Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM 2023.

“Kami penasaran rutenya seperti apa. Sebab jarak rute juga tidak terlalu jauh juga. Semoga di Ijen nanti banyak cerita seru, jadi bisa meracuni teman-teman ke depannya,” ungkap Suwito.

CBC Kudus termasuk komunitas yang rajin ikut di berbagai event sepeda. Dari Bromo KOM, Kemala Race Bangka Belitung, dan berbagai event lain baik di Jawa maupun luar Jawa.

CBS Kudus terbentuk 17 Juli 2017. Didirikan empat sekawan yaitu Suwito, Andum Basuki, Khoirul Umam, dan Nur Falih. Mereka merupakan teman sekampung di Desa Klumpit, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, yang memang punya hobi berolahraga. 

"Awalnya kami olahraga sepak bola dan bulu tangkis. Lalu ketika umur sudah mulai menua, akhirnya kami mencari alternatif olahraga lain, dan akhirnya memilih olahraga sepeda,” ucap Suwito.

Nama Cynthia Box Cycling Club diambil dari perusahaan CV. Cynthia Box yang bergerak di bidang converting carton box. Perusahaan itu menjadi sponsor utama komunitas ini. Pemilik perusahaan itu tidak lain juga salah satu pendiri CBC Kudus, Andum Basuki.

CBC Kudus mempunyai motto Together and Happiness. Mereka memilih moto ini dengan harapan, olahraga sepeda bisa menjadi pemersatu dan menjadi ajang silahturahmi serta untuk bersenang-senang bersama.(Mainsepeda)


COMMENTS