Christophe Laporte Rebut Etape 1 Criterium du Dauphine 2023


Selebrasi Christophe Laporte (Jumbo-Visma) ketika berhasil memenangkan etape 1 Criterium du Dauphine

Criterium du Dauphine 2023 sudah dimulai. Etape pertama menempuh jarak 158 km dengan elevasi tertinggi 1.242 m. Christophe Laporte (Jumbo-Visma) meraih kemenangan melalui sprint yang cukup sengit.

Matteo Trentin (UEA Team Emrirates) menyusul di posisi kedua, dan Rune Herregodts (Intermache-Circus-Wanty) di posisi ketiga.

“Ini adalah etape yang sulit, namun berkat kerjasama tim membuat saya dan Jonas (Vingegaard) memimpin balapan. Saya mendapatkan kesempatan untuk memimpin hari ini, dan harus berterima kasih kepada rekan-rekan saya,” kata Laporte, dilansir dari Cyclingnews.

Ketika balapan hanya tersisa 2,5 km, Herregodst memang sempat memimpin. Seakan ia akan memenangkan balapan. Tapi Jonas Vingegaard memberi kejutan dengan menyalip Herregodst di turunan jelang finis. Dan Vingegaard kemudian memberikan kesempatan untuk Laporte. 

Kemenangan ini juga mengantarkan Laporte meraih juara pertama di etape ke-1 Criterium du Dauphine. Kemenangan ini juga membuat Laporte memimpin general classification sementara.


Laporte (Kiri) dan Herregodst (Kanan) ketika bersaing menjelang finis

Di 10 km awal balapan yang dimulai dari pantai Chambon-sur-Lac, sebuah peloton pemimpin memisahkan diri. Terdiri dari lima pembalap, yakni adalah Dorian Godon (AG2R Citroën), Brent Van Moer (Lotto Dstny), Rune Herregodts (Intermarché-Circus-Wanty), Fabio Van den Bossche (Alpecin Deceuninck), dan Donavan Grondin (Arkéa Samsic).

Sementara itu Bora-Hansgrohe dan Jumbo-Visma mengatur kecepatan di peloton pengejar dengan terus berusaha menempel ke peloton pemimpin. Hujan menyebabkan kondisi jalanan yang licin. Hal itu menambah tantangan bagi para pembalap ketika tiba di Besse, atau 80 km lagi menjelang finis.

Hugo Page (Intermarché-Wanty-Circus) terjatuh dan harus meninggalkan balapan. Ketika balapan tersisa 30 km, Grondin dan Van Den Bossche juga harus meninggalkan balapan,(mainsepeda)

Hasil Criterium du Dauphine Etape 1 (Top Ten)
1. Christophe Laporte, Jumbo-Visma, 3:43:30    
2. Matteo Trentin, UAE Team Emirates, "
3. Rune Herregodst, Intermache-Circus-Wanty, "
4. Axel Zingle, Cofidis, "
5. Maxim Van Gils, Lotto Dstny, "
6. Danny Van Poppel, Bora-Hansgrohe, "
7. Andrea Bagioli, Soudal-QUickStep- "
8. Fred Wright, Bahrain-Victorious, "
9. Robert Stannard, Alpecin-Deceuninck, "
10.Marco Brenner, Team DSM, "

General Classification
1. Christophe Laporte, Jumbo-Visma, 3:43:30    
2. Matteo Trentin, UAE Team Emirates, +4 detik
3. Rune Herregodst, Intermache-Circus-Wanty, +6 detik
4. Axel Zingle, Cofidis, +10 detik
5. Maxim Van Gils, Lotto Dstny, "
6. Danny Van Poppel, Bora-Hansgrohe, "
7. Andrea Bagioli, Soudal-QUickStep- "
8. Fred Wright, Bahrain-Victorious, "
9. Robert Stannard, Alpecin-Deceuninck, "
10.Marco Brenner, Team DSM, "

Jangan lupa saksikan Podcast Mainsepeda terbaru

 

 


COMMENTS