Giro d'Italia Edisi ke-106 dan Suguhan Pertarungan Evenopoel vs Roglic


Remco Evenopoel (kiri) saat bertarung dengan Primoz Roglic di La Vuelta a Espana 2022.

Giro d’Italia akan menjadi pembuka balap Grand Tour di tahun 2023. Giro d'Italia musim ini akan menyajikan perang bintang. Di antaranya persaingan Primoz Roglic (Jumbo-Visma) dan Remco Evenopoel (Soudal–Quick-Step) bakal menghiasi Giro edisi ke-106.

Giro d’Italia akan dimulai dari 6 Mei-28 Mei 2023. Balapan ini akan terdiri dari 21 etape. dengan jarak sejauh 3.448 km.

Giro d’Italia pertama kali diadakan pada 1909. Balapan ini makin berkembang hingga kini. Pada edisi 2022 lalu Jai Hindley (Bora-Hansgrohe) berhasil menjadi juara.

Setiap musimnya Giro selalu menyajikan berbagai momen dramatis.  Pada Edisi 2023 kali ini seperti bintang Remco Evenopoel (Soudal-Quickstep), Primoz Roglic (Jumbo-Visma), dan Geraint Thomas (Ineos Grenadiers) yang saling memperebutkan Maglia Rosa.

Maglia Rosa adalah jersey berwarna merah muda menyala yang akan diberikan pada pemenang Giro d’Italia.

Baca Juga: Rute Giro d'Italia 2023: Tiga Balapan ITT dengan Pekan Terakhir yang Sulit


Start etape ke-5 Giro d'Italia edisi 2022 di Modena.

Pertarungan antara Evenopoel dan Roglic akan menjadi perhatian di Giro d’Italia edisi ke-106 ini. Keduanya sedang berada di puncak performa dalam minggu terakhir.

Evenopoel berhasil menjadi juara Liege-Bastogne-Liege 2023. Sementara Roglic berhasil menjadi juaraa di Tirreno-Adriatico 2023.

Evenopoel kembali balapan di Giro setelah terakhir melakukan debutnya pada 2021 lalu. Dan, pada 2023 Evenopoel kembali  dengan lebih banyak pengalaman.

Roglic bertekad kembali balapan di Giro untuk membalaskan dendamnya pada 2019. Ketika itu ia adalah bintang yang baru naik daun dan hampir finis di posisi ketiga. Tetapi sayangnya dia harus tunduk dari Richard Carapaz dan Vincenzo Nibali.


Aksi Richard Carapaz di Giro d'Italia edisi 2022

Setelah kekalahan itu Roglic berhasil menjadi juara tiga kali berturut-turut di Vuelta a Espana. Gelar ini berhasil direbut Evenopoel pada 2022 setelah Roglic harus tersingkir karena mengalami insiden tabrakan. Mereka akan berhadapan selama satu bulan penuh di Giro nanti.

Thomas juga akan berusaha menunjukan bahwa dirinya masih belum habis. Pada Tour de France 2022, Thomas berhasil meraih posisi ketiga di GC. Tentu ini juga menegaskan bahwa pembalap berusia 36 tahun itu masih patut diperhitungkan.

Nama-nama lain juga patut diperhitungkan. Di antaranya Alexsandr Vlasov (Bora-Hansgrohe), Damiano Caruso, Jack Haig (Bahrain Victorious), Hugh Carthy (EF Education-EasyPost), Thibaut Pinot (Groupama-FDJ), Tao Geoghegan Hart serta Pavel Sivakov (Ineos Grenadiers).(Mainsepeda)


COMMENTS