Kolom Sehat: EJJ

Kurang dari seminggu event EJJ digelar. Apa itu EJJ? Event jauh-jauhan. Yang punya kepanjangan asli East Java Journey. Ada yang setengah matang dan ada yang welldone. Ada yang 600 km dan 1.200 km. Kebetulan saya ikut yang setengah matang, 600 km. Cut off time-nya 60 jam. Elevasinya 5.000-an meter, katanya.

Jauh amat, emang bisa?

Menurut pembaca bagaimana? Apa memungkinkan untuk seorang Johnny Ray sepedaan sejauh 600 km dengan elevasi sekitar 5.000-an meter? Selama tiga hari sepedaan dengan medan yang nggak jelas kondisi cuacanya. Serta kemampuan nyepeda yang pas-pasan saja. Hmmmmm, ya dihadapi sajalah ya.

Rutenya bisa Anda lihat di Mainsepeda.com. Bisa Anda teliti. Kalau nggak salah mulainya Jumat depan untuk yang 600 km. Selesai hari Minggu. Untuk yang 1.200 km, dimulai Selasa dan selesai Minggu. Rute yang 1.200 km ini jauhnya sampai ke ujung paling timur Jawa Timur. Kalau yang 600 km hanya dekat dengan perbatasan Jawa Tengah saja.

Pembaca kolom ini mungkin terbagi dua ya. Yang percaya saya bisa dan yang tidak percaya saya bisa. Yang positif, terima kasih. Yang nggak percaya juga terima kasih. Karena dua-duanya sama benarnya. Saya juga sudah latihan, tapi masih tidak yakin.

Nanti pas event juga ada tracker-nya. Bisa lihat di mana posisi cyclist. Kalau memang Anda melihat saya di tempat yang nggak umum, itu mungkin kesalahan elektronik yang biasa terjadi. Apabila ada yang tahu tempat kuliner sepanjang jalan, bisa memberi info ke saya. Dengan cara tag saya di IG. Atau menunggu saya di jalan pakai spanduk, wkwkwkwk.

Bila ada yang tahu penginapan ketika hari sudah gelap dan dingin, juga bisa share info. Walau itu cuma info rumah ibadah terdekat, pom bensin, atau penginapan yang jam-jaman. Karena kita kan istirahatnya cuman sebentar.

Harapan saya yang paling utama adalah semua peserta bisa gowes dengan aman. Dari berangkat sampai selesai gowes. Juga sebelum berangkat, semoga ingat untuk foto start. Karena foto finish belum tentu ada.

Biasanya saya yang menyarankan buat pembaca begini dan begitu baiknya. Nah sekarang apakah pembaca ada saran untuk saya agar bertahan di rute seberat ini? Apakah ada yang memayungi saya saat panas? Atau yang menyelimuti saat dingin? Berharap kan nggak papa. Siapa tahu bulan mendatangi punggukĀ 

Sampai jumpa di medsos ketika event EJJ berlangsung. Karena Jumat pekan depan sudah start, jadi persiapan saya sudah harus dilakukan mulai sekarang. Terima kasih. (johnny ray)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 127

Foto: Hendra Dalijono (@h_dalijono ), Chaidar (@chaidar26)


COMMENTS