Tour Down Under 2023: Bauhaus Kalahkan Ewan di Sprint Etape 1

Phil Bauhaus (Bahrain Victorious) mengunci kemenangan di Etape 1 Tour Down Under 2023. Pembalap Jerman ini menang sprint di Tanunda pada Rabu (18/1) siang. Ia menumbangkan dua jagoan tuan rumah, Caleb Ewan (Tim Nasional Australia) dan Michael Matthews dari Jayco Alula.

Tahapan ini menempuh rute sepanjang 149,9 kilometer. Ini merupakan etape terpanjang kedua di Tour Down Under tahun ini. Rutenya cenderung datar. Hanya ada satu tanjakan yang harus ditalkukkan, yakni Menglers Hill. Panjangnya 4,5 kilometer dengan gradien rata-rata 3,7 persen.

Sejumlah crash terjadi di etape ini. Termasuk yang menimpa Bauhaus di awal lomba. Tabrakan juga besar terjadi di 50 kilometer terakhir. Juga di 25 kilometer menuju finis. Tiga pembalap Jumbo-Visma menjadi korban. Tim van Dijke, Timo Roosen, dan Robert Gesink.

Robert Gesink (Jumbo-Visma) menjadi salh satu pembalap yang mengalami crash di Etape 1

Crash juga terjadi di 400 meter menjelang finis. Roda sejumlah pembalap saling bersentuhan saat sprint menuju garis akhir. Insiden ini menjatuhkan beberapa nama. Termasuk Magnus Sheffield dari Ineos Grenadiers. Sheffield mengalami luka dan lecet di lutut dan siku.

Bauhaus berhasil lolos dari insiden ini. Ia ditempel oleh Matthews dan Ewan dalam adu sprint menuju finis. Ewan berakselerasi dari sisi kanan jalan. Ia meningkatkan kecepatan di sisa 50 meter. Namun sprinter asal Australia itu harus puas finis kedua. Dalam photo finish, tampak Bauhaus terlebih dulu mencapai finis.

"Sebenarnya kaki saya sudah terasa sakit di 50 meter terakhir. Akan tetapi, saya terus berusaha untuk tancap gas. Sebab saya tahu mereka akan datang di meter terakhir. Saya sangat senang karena masih berada di posisi terdepan," ungkap Bauhaus selepas balapan.

Bauhaus menambahkan bahwa kemenangan ini amat berharga. Sebab balapan hari ini diwarnai banyak insiden. Bahkan ia juga sempat mengalami crash di awal etape. Sementara itu, Ewan dan Matthews harus menelan rasa kecewa karena finis kedua dan ketiga. Sebagai idola tuan rumah, mereka gagal menang di kandang sendiri.

"Secara keseluruhan, ini adalah hari yang baik. Akan tetapi, saat Anda bisa sedekat itu dengan kemenangan, Anda akan merasa kecewa karena gagal meraihnya," bilang pembalap Matthews.

Alberto Bettiol (EF Education-EasyPost) masih berhak atas jersey oranye sebagai simbol pemuncak GC

Hasil Etape 1 Tour Down Under 2023 belum menggoyahkan posisi Alberto Bettiol (EF Education-EasyPost) di puncak general classification (GC). Meski finis di posisi ke-72, pembalap asal Italia itu unggul enam detik dari Matthews. Serta terpaut delapan detik dari Sheffield.

Bettiol masih akan mengenakan jersey oranye di Etape 2 pada Kamis (19/1) nanti. Tahapan ini akan membawa pembalap dari Brighton menuju Victor Harbor. Panjang rutenya 154,8 kilometer. Tanjakan Kategori 2 di Parawa Hill dan Kategori 1 di Nettle Hill. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Tour Down Under 2023 (Top Ten)
1. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain Victorious 3:37:35
2. Caleb Ewan (Australia), Tim Nasional Australia +0
3. Michael Matthews (Australia), Jayco-AlUla +0
4. Alessandro Covi (Italia), UAE Team Emirates +0
5. Paul Penhoet (Prancis), Groupama-FDJ +0
6. Emils Liepins (Latvia), Trek-Segafredo +0
7. Hugo Page (Prancis), Intermarche-Circus-Wanty +0
8. Hugo Hofstetter (Prancis), Arkea-Samsic +0
9. Taj Jones (Australia), Israel-Premier Tech +0
10. Gerben Thijssen (Belgia), Intermarche-Circus-Wanty +0

General Classification usai 1 etape dari 5 etape (Top Ten)
1. Alberto Bettiol (Italia), EF Education-EasyPost 3:43:54
2. Michael Matthews (Australia), Team Jayco-AlUla +6
3. Magnus Sheffield (Amerika Serikat), Ineos Grenadiers +8
4. Julius Johansen (Denmark), Intermarché-Circus-Wanty    +10
5. Kaden Groves (Australia), Alpecin-Deceuninck +11
6. Samuel Gaze (Selandia Baru), Alpecin-Deceuninck +11
7. Hugo Page (Prancis), Intermarche-Circus-Wanty +12
8. Marius Mayrhofer (Jerman), Team DSM +13
9. Corbin Strong (Selandia Baru), Israel-Premier Tech +13
10. Jannik Steimle (Jerman) Soudal QuickStep +13

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 122

Foto: Getty Images, Sprint Cycling Agency


COMMENTS