Kolom Sehat: Hibernasi


Dalam konteks bersepeda dan mulai memasuki musim penghujan, membuat saya berpikir untuk membahas lebih lanjut usaha pesepeda menghadapi perubahan musim dan keadaan. Becek, genangan air, dan jersey yang lebih kotor menjadi momok pesepeda ketika musim hujan.

Beberapa pesepeda memiliki cara lain untuk menyikapi keadaan ini. Mereka memilih untuk berhenti gowes ketika musim hujan tiba. Mereka akan memulai gowes lagi ketika musim lebih bisa diperediksi. Proses tiarapnya cyclist menghindari musim penghujan, menurut saya seperti hibernasi.

Sebenarnya, hibernasi adalah usaha mahluk hidup untuk melewati musim dingin tanpa harus berpindah tempat tinggal. Atau bersusah payah mencari makanan. Caranya sangat mudah, cukup dengan tidur. Iya, hibernasi merupakan tidur panjang untuk melewati musim atau keadaan yang ingin mereka hindari.

Sepertinya keadaan ini juga berlaku bagi pesepeda ketika mereka ingin musim, atau keadaan yang tidak mereka kehendaki, berlalu. Mereka 'tidur' dari kegiatan bersepedanya untuk sementara waktu. Mereka hibernasi dari hobinya, yakni bersepeda.

Berikut beberapa penyebab mengapa pesepeda hibernasi:

1. Cedera dan Proses Penyembuhan 
Seringkali musibah akan menyebabkan cedera yang serius. Membuat cyclist harus 'tidur' dari olahraga. Mereka harus mendekam di rumah untuk berlindung dan memulihkan keadaan. Walaupun rasa bosan itu sudah begitu menumpuk, tapi pemulihan fisik adalah yang utama. Tentu saja hal ini menjadi prioritas agar cepat bisa kembali beraktivitas dengan baik.

2. Becek dan Kotor
Seperti yang sudah dibahas di atas, ada beberapa cyclist yang memilih berhenti sementara karena merasa lelah mencuci sepedanya. Tak sebanding dengan lama sepedaannya. Jadi mereka memilih untuk tidur dulu saat pagi hari. Menutup muka dengan bantal dan menarik selimut lebih ideal daripada mencuci sepeda setelah gowes di antara genangan air.

3. Keperluan Keluarga
Ada kalanya keluarga memerlukan bantuan dan kehadiran kita. Sehingga kita harus jauh dari hobi bersepeda. Kadang bisa cepat. Bisa juga memerlukan waktu yang lama. Selesaikan yang perlu diselesaikan. Agar tidak ada tanggungan untuk menekuni hobi.

4. Pekerjaan
Tugas dari perkerjaan kadang memaksa kita untuk keluar kota. Untuk jauh dari tempat kita menetap sehingga gowes dengan rutin tidak mungkin dilakukan. Kalau tugasnya sekalian pindah ke daerah baru, mungkin masih bisa. Tapi yang sulit adalah ketika sering berpindah tempat, dari tempat satu ke tempat lain, dengan jadwal yang padat pula.

Namanya juga hibernasi. Sebuah tidur yang termasuk lama tapi tetap akan terbangun. Seberapa lamanya Anda perlu istirahat dari hobi bersepeda ini? Apabila kondisi sudah memungkinkan, maka Anda akan meneruskan memulai gowes kembali. Karena apa ? Karena Anda memilih olahraga sepeda. (johnny ray)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 111

Foto: Dewo Pratomo (@dewopratomo )


COMMENTS