Bukan hanya Mads Pedersen (Trek-Segafredo) saja yang on fire. Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) juga sedang bagus-bagusnya. Pembalap asal Ekuador tersebut memenangi Etape 20 La Vuelta a Espana 2022 pada Sabtu, 10 September 2022. Sementara Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) dipastikan menjadi juara overall di event ini.

Etape 20 merupakan mountain stage terakhir di La Vuelta tahun ini. Para pembalap menempuh rute sepanjang 181 kilometer. Mereka berangkat Moralzarzal menuju Puerto de Navacerrada. Terdapat tiga tanjakan Kategori 1 yang harus dilalui dalam tahapan ini.

Carapaz berhasil menjadi pembalap pertama yang mencapai puncak Puerto de Navacerrada. Ia menuntaskan etape ini dengan catatan waktu 4 jam 41 menit 34 detik. Carapaz mengungguli Thymen Arensman (Team DSM) dengan selisih delapan detik. Sedangkan Juan Ayuso (UAE Team Emirates) finis ketiga di tahapan ini.

Ini merupakan kemenangan ketiga Carapaz di La Vuelta 2022. Kemenangan ini membawa Carapaz memuncaki tabel Mountain Classification. Ia dipastikan mendapatkan polkadot jersey. Kemenangan ini juga menjadi kado perpisahan terakhirnya untuk Ineos Grenadiers. Sebab Carapaz akan pindah ke tim EF pada musim mendatang.

"Sebenarnya saya sangat tersentuh. Ini adalah kemenangan yang sangat bagus bagi saya. Di atas segalanya, saya pikir itu menunjukkan tipikal saya sebagai seorang pembalap. Sebab memperjuangkan KOM Classification adalah salah satu tujuannya," ucap Carapaz.

Sementara itu, Remco Evenepoel dipastikan menjadi juara baru La Vuelta. Pembalap asal Belgia tersebut memutus dominasi Primoz Roglic (Jumbo-Visma) yang telah memenangi balapan ini selama tiga tahun beruntun. Mulai 2019 hingga 2021.

Dalam wawancara selepas Etape 20, Evenepoel seakan tidak percaya dengan apa yang baru saja diraihnya di La Vuelta 2022. "Saya benar-benar tidak tahu apa yang ada di kepala dan tubuh saya pada saat ini. Rasanya luar biasa," terang Evenepoel dilansir Velonews.

Sebuah prestasi yang luar biasa mengingat ia baru berusia 22 tahun. Evenepoel sekaligus membuktikan bahwa ia bisa kembali dari titik nol. Pada Agustus 2020 lalu, Evenepoel mengalami kecelakaan di Il Lombardia. Membuatnya kehilangan kesempatan untuk tampil di Giro d'Italia. Padahal ia digadang sebagai kandidat kuat juara.

Evenepoel membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk kembali ke performa terbaiknya. Perjalanannya pada musim 2021 terbilang kurang memuaskan. Tetapi Evenepoel berhasil membayarnya dengan tampil luar biasa sepanjang 2022. Juara La Vuelta menjadi hadiah atas penampilan apiknya sejauh ini.

"Semua komentar buruk pada tahun lalu, akhirnya saya bisa membungkamnya. Saya telah bekerja sangat keras agar datang ke La Vuelta dengan kondisi terbaik. Ini adalah Grand Tour pertama di mana saya memulainya dalam kondisi sehat.

La Vuelta 2022 akan ditutup pada Minggu, 11 September 2022. Pembalap akan bertolak dari Las Rozas menuju Madrid. Total rutenya 96,7 kilometer. (mainsepeda)

Hasil Etape 20 La Vuelta a Espana 2022 (Top Ten)
1. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers 4 jam 41 menit 34 detik
2. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +8
3. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +13
4. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +13
5. Enric Mas (Spanyol), Movistar +13
6. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +15
7. Louis Meintjes (Afrika Selatan), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +15
8. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana Qazaqstan +15
9. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +17
10. Sergio Higuita (Kolombia), Bora-Hansgrohe +32

General Classification usai 20 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl 78 jam 12 detik
2. Enric Mas (Spanyol), Movistar +2:05
3. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +5:08
4. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana Qazaqstan +5:56
5. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +7:16
6. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +7:56
7. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +7:57
8. Ben O’Connor (Australia), AG2R Citroon +10:30
9. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-EastPost +11:04
10. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +12:01

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 107

Foto: Getty Images


COMMENTS