Nasib sial dialami Primoz Roglic (Jumbo-Visma) di Etape 16 La Vuelta a Espana 2022. Sang juara bertahan terjatuh di sisa 500 meter. Insiden tersebut membuat pembalap asal Slovenia ini kehilangan kesempatan untuk memenangi Etape 16. Tahapan ini akhirnya menjadi milik Mads Pedersen (Trek-Segafredo).

Panggung ini merupakan etape pembuka pekan ketiga La Vuelta 2022. Para pembalap menghadapi rute flat sejauh 189,4 kilometer. Membentang dari Sanlccar de Barrameda menuju Tomares. Karena medannya yang datar, etape ini menjadi kesempatan para sprinter untuk unjuk gigi.

Di luar dugaan, Roglic tampak berjuang untuk menjadi pemenang di tahapan ini. Ia mencoba melarikan diri di sisa 2,5 kilometer. Namun upayanya berhasil digagalkan Pascal Akermann (UEA Team Emirates), Fred Wright (Bahrain Victorious), Danny van Poppel (Bora-Hansgrohe), dan Pedersen.

Roglic memimpin kelompok kecil ini hingga 500 meter terakhir. Ketika Pedersen mulai berakselerasi, Roglic justru tampak tidak siap. Ia akhirnya berada di posisi kelima dalam kelompok itu. Saat berusaha menyalip Wright, Roglic terpental dari sepedanya. Ia jatuh dan mencium aspal.

Primoz Roglic meringis kesakitan saat melintasi garis finis

Roglic memang terluka akibat insiden ini. Meski demikian, pembalap 32 tahun itu masih bisa menyelesaikan Etape 16 dengan finis di posisi ke-35. Sementara itu, Pedersen berhasil menjadi pemenang. Rider asal Denmark tersebut menyelesaikan Etape 16 dengan catatan waktu 4 jam 45 menit 29 detik.

Ini adalah kemenangan keduanya di La Vuelta musim ini. Sebelumnya, juara dunia 2019 tersebut finis pertama di Etape 13. Dua kemenangan di Megeri Manator, membuat Pedersen makin mantap di puncak Points Classification. Dengan koleksi 349 poin, Pedersen hampir pasti membawa pulang jersey hijau.

"Saya tidak melihat kecelakaan itu. Saya ingin pergi ke Primoz setelah finis. Namun saya telah melihat jerseynya tercabik. Sayang sekali ia jatuh. Primoz tidak beruntung tahun ini. Saya harap kecelakaan itu tidak terlalu buruk. Sehingga ia bisa terus bersaing untuk memenangkan La Vuelta," harap Pedersen.

Remco Evenepoel masih bertahan di puncak GC dan berhak atas jersey merah

Sementara itu, Remco Evenepoel masih bertengger di puncak General Classification (GC). Hanya saja, selisih poin dengan Roglic kian tergerus. Roglic membuntuti Evenepoel dengan gap 1 menit 26 detik. "Saya tidak dalam posisi terbaik di tahapan ini," aku Evenepoel.

Selanjutnya, para pembalap akan start dari Aracena di Etape 17 pada Rabu, 7 September 2022. Kemudian peloton bergerak ke puncak Monasterio de Tentudia. Total jaraknya 162,3 kilometer. Monasterio de Tentudia merupakan tanjakan Kategori 2 sejauh 9,3 kilometer dengan gradien maksmal 7,8 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 16 La Vuelta a Espana 2022 (Top Ten)
1. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo 4 jam 45 menit 29 detik
2. Pascal Ackermann (Jerman), UAE Team Emirates +0
3. Danny van Poppel (Belanda), Bora-Hansgrohe +0
4. Fred Wright (Inggris), Bahrain Victorious +0
5. Quentin Pacher (Prancis), Groupama-FDJ +8
6. Samuele Battistella (Italia), Astana Qazaqstan +8
7. Cedric Beullens (Belgia), Team DSM +8
8. Clement Russo (Prancis), Arkea Samic +8
9. Jesus Ezquerra (Spanyol), Burgos-BH +8
10. Julius van den Berg (Belanda), EF Education-EasyPost +8

General Classification usai 16 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl 61 jam 26 menit 26 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +1:26
3. Enric Mas (Spanyol), Movistar +2:01
4. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +4:49
5. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +5:16
6. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana Qazaqstan +5:24
7. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +7:00
8. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +7:05
9. Ben O’Connor (Australia), AG2R Citroon +8:57
10. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +11:36

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 106

Foto: Getty Images


COMMENTS