Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Kabupaten Banyuwangi bekerja selama sepekan terakhir untuk memperbaiki akses menuju Paltuding di Gunung Ijen. Langkah ini adalah salah satu bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi terhadap Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022.

Event yang berlangsung pada 24 September itu akan diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Sebagai tuan rumah, Pemkab Banyuwangi berusaha memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh cyclist. Salah satunya dengan memastikan jalan yang dilalui mulus dan bebas lubang.

Oleh sebab itu, selama sepekan terakhir Dinas PU Cipta Karya Banyuwangi bekerja untuk memperbaiki jalan di lereng Gunung Ijen. "Kami sudah berkoodinasi dengan SKPD terkait. Beberapa ruas jalan menuju Paltuding yang sebelumnya berlubang, kini sudah ditambal," terang Ketua ISSI Banyuwangi, Guntur Priambodo.

Pengerjaan itu, menurut Guntur, juga termasuk di tanjakan Erek-erek. Tanjakan ini sejatinya sudah diperlebar sejak dua tahun lalu. Sekarang Dinas PU Cipta Karya Banyuwangi hanya memperbaiki sejumlah kecil ruas yang berlubang. "Kalau jalannya mulus, peserta juga pasti akan senang," bilang Guntur.

Bukan hanya akses menuju Paltuding, Gunung Ijen saja yang diperbaiki. Pemkab Banyuwangi juga memuluskan jalan di dalam kota yang akan dilalui peserta Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022 nanti. Namun, pengerjaannya masih menunggu hasil tes rute yang digelar akhir bulan ini.

"Setelah cek rute nanti akan diputuskan rute final yang akan dilalui peserta Banyuwangi terhadap Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022. Setelah itu kami akan berkoodinasi dengan SKPD terkait untuk memperbaiki jika ada jalan yang berlubang," jabarnya.

Registrasi Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022 masih dibuka hingga awal September nanti. Informasi pendaftaran terkait Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022 dan Kediri Dholo KOM Challenge 2022 bisa di-update di website dan Instagram Mainsepeda.com. Atau menghubungi Defi (081222808035). (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 105

Foto: Dinas PU Cipta Karya Banyuwangi


COMMENTS