Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani sangat welcome terhadap pelaksanaan event Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022. Menurutnya, gelaran ini bisa mendongkrak jumlah wisatawan ke Banyuwangi. Serta makin membantu memperkenalkan Banyuwangi ke kalangan cyclist.

Olahraga bersepeda memang mendapatkan tempat khusus di Banyuwangi. Kota di ujung timur Pulau Jawa ini rutin menggelar event bersepeda selama satu dekade terakhir. Mulai dari kepemimpinan Abdullah Azwar Anas selama dua periode. Hingga kini di bawah komando bupati Ipuk Fiestiandani.

Bahkan, ada lima agenda balap sepeda yang masuk dalam kalender Banyuwangi Festival tahun ini. Banyuwangi mengakomodasi minat dari pecinta sepeda gung (MTB), BMX, hingga road bike. Tak cuma itu saja. Banyuwangi juga dipercaya untuk menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Road dan MTB pada Julu lalu.

"Bersepeda telah menjadi lifestyle sehat di Indonesia dan dunia. Gaya hidup sehat dengan bersepeda ini makin meledak sejak pandemi Covid-19. Ada makin banyak pesepeda. Peningkatan jumlah pesepeda tersebut juga terasa di Banyuwangi," terang Ipuk.

Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022 termasuk dalam kalender Banyuwangi Festival tahun ini. Event gowes seru menuju Paltuding di Gunung Ijen ini akan dilaksanakan pada 24 September mendatang. Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022 bakal menghadirkan ratusan cyclist ke kota berjuluk Sunrise of Java itu.

"Salah satu arah kebijakan Banyuwangi Rebound adalah memulihkan kembali sektor pariwisata yang terdampak pandemi Covid-19. Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022 akan menjadi salah satu pemicu kebangkitan sektor pariwisata kita," jelas istri Abdullah Azwar Anas tersebut.

Berbagai homestay dan hotel akan terisi oleh peserta. Ipuk juga berharap para peserta jalan-jalan ke destinasi pariwisata di Banyuwangi terlebih dulu. Baik sebelum atau sesudah Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022. Dia juga berpesan untuk mencicipi kuliner Banyuwangi. Dijamin lezat dan tidak menguras kantong.

"Jangan datang sendirian ke Banyuwangi. Ajak keluarga. Jadi setelah gowes, Anda bisa wisata dengan keluarga di Banyuwangi. Banyuwangi punya banyak pantai bagus. Mau nongkrong atau makan di kafe dan restoran di lereng Gunung Ijen juga bisa," ajak Ipuk.

Ipuk berharap Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022 berjalan sukses. Dia juga mengajak cyclist yang belum registrasi, agar segera mengamankan tempat di event ini. "Selamat menikmati keramahan Banyuwangi. Saya jamin Anda akan betah di sini," tutur alumnus Universitas Negeri Jakarta itu.

Informasi pendaftaran terkait Banyuwangi Blue Fire Ijen KOM Challenge 2022 dan Kediri Dholo KOM Challenge 2022 bisa di-update di website dan Instagram Mainsepeda.com. Atau menghubungi Defi (081222808035). (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 103

Foto: Humas Pemkab Banyuwangi


COMMENTS