Gerben Thijssen pernah menjadi salah satu talenta muda menjanjikan di dunia balap sepeda, sekitar lima tahun lalu. Akan tetapi, sinarnya meredup saat memasuki dunia profesional pada 2019. Pembalap asal Belgia ini jarang mendapatkan kemenangan saat berlaga di level tertinggi.

Thijssen aktif di balap sepeda sejak 2016 saat masih berusia 18 tahun. Ia memperoleh dua gelar juara nasional Belgia di nomor track. Thijssen makin mencuri perhatian usai memenangi Six Days of Ghent U23 bersama Jules Hester. Ia akhirnya bergabung dengan tim Lotto-Soudal U23 pada 2017.

Pada 2017 lalu, ia mencuri perhatian saat menjuarai nomor Elimination Race di Kejuaraan Track Eropa di Berlin, Jerman. Berselang setahun, ia menjadi juara nasional Belgia di nomor road untuk kategori Men U23. Pada tahun yang sama, Remco Evenepoel menjadi juara nasional Belgia di nomor road dan ITT di kategori usia Men Junior.

Ketika memasuki level senior pada 2019, mendadak kariernya biasa-biasa saja. Ia hanya dua kali mencatat kemenangan etape. Serta sekali menjadi pemenang dalam balapan Memorial Van Coningsloo. Thijssen sempat turun di La Vuelta a Espana 2020. Namun gagal finis di Etape 15.

Performa yang di bawah ekspektasi membuat kontraknya di Lotto-Soudal tak diperpanjang pada akhir 2021. Ia ditampung Intermarché–Wanty–Gobert Matériaux (IWG) dan meneken kontrak hingga akhir 2023. Karier sprinter asal Belgia ini mulai berkembang bersama tim barunya itu.

Ia finis pertama di Etape 6  Four Days of Dunkirk. Terbaru, Thijssen menang sprint di Etape 2 Tour de Pologne 2022 pada Minggu, 31 Juli 2022. Ini adalah kemenangan perdana di tingkat WorldTour bagi pembalap 24 tahun itu. Sekaligus kemenangan kedua di level profesional.

Etape 2 Tour de Pologne menyuguhkan rute sepanjang 205,6 kilometer. Para pembalap start dari Chelm menuju Zamosc. Thijssen menyelesaikan etape ini dengan catatan waktu 4 jam 47 menit 23 detik. Pascal Ackermann (UAE Team Emirates) dan Jonathan Milan (Bahrain Victorious) finis di urutan kedua dan ketiga.

"Saya pernah finis kedua di La Vuelta a Espaaa. Jadi saya sangat senang bisa menang di sini," ungkapnya usai lomba. Kemenangan ini sekaligus meningkatkan kepercayaan diri Thijssen. Sebab ia dijadwalkan tampil di La Vuelta a Espana pada pertengahan Agustus ini.

"Setelah menang di Dunkirk, saya mengatakan bahwa tujuan saya adalah memenangkan balapan lain. Tetapi ketika Anda balapan di event sebesar Pologne dan kemudian Vuelta a Espaa dalam waktu beberapa minggu, kemenangan itu tidak bisa diraih dengan mudah," katanya.

Sementara itu, hasil Etape 2 membuat Olav Kooij (Jumbo–Visma) tergusur dari puncak General Classification (GC). Pembalap asal Belanda ini melorot ke posisi dua. Rider asal Norwegia, Jonas Abrahamsen (Uno-X Pro) kini berada di peringkat pertama di klasemen overall.

Selanjutnya, peloton akan melaju dari Krasnik menuju Przemysl di Etape 3. Panjang rutenya 237,9 kilometer. Ini adalah etape terpanjang di Tour de Pologne musim ini. Ada tiga tanjakan Kategori 3 dan Kategori 2 di sepertiga akhir balapan ini. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Tour de Pologne 2022 (Top Ten)
1. Gerben Thijssen (Belgia), Intermarché–Wanty–Gobert Matériaux 4 jam 47 menit 23 detik
2. Pascal Ackermann (Jerman), UAE Team Emirates +0
3. Jonathan Milan (Italia), Bahrain Victorious +0
4. Olav Kooij (Belanda), Jumbo–Visma +0
5. Sam Bennett (Irlandia), Bora–Hansgrohe +0
6. Arnaud Démare (Prancis), Groupama–FDJ +0
7. Elia Viviani (Italia), Ineos Grenadiers +0
8. Max Kanter (Jerman), Movistar +0
9. Marijn van den Berg (Belanda), EF Education–EasyPost+0
10. Mark Cavendish (Inggris), Quick-Step Alpha Vinyl +0

General Classification usai 2 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Jonas Abrahamsen (Norwegia), Uno-X Pro Cycling Team 10 jam 5 menit 12 detik
2. Olav Kooij (Belanda), Jumbo–Visma +2
3. Gerben Thijssen (Belgia), Intermarché–Wanty–Gobert Matériaux +2
4. Pascal Ackermann (Jerman), UAE Team Emirates +6
5. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain Victorious +6
6. Jordi Meeus (Belgia), Bora–Hansgrohe +8
7. Jonathan Milan (Italia), Bahrain Victorious +8
8. Jasper De Buyst (Belgia), Lotto–Soudal +8
9. Sam Brand (Inggris), Novo Nordisk +11
10. Max Kanter (Jerman), Movistar +12

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 101

Foto: Getty Images


COMMENTS