Kolom Sehat: Carbo Loading Sebelum Event, Perlu atau Tidak?


Salah satu kebahagiaan sebelum event adalah kita memiliki alasan kuat serta hilangnya rasa bersalah ketika menyantap makanan. Karena ada kebiasaan di kalangan cyclist bahwa mereka diharapkan carbo loading terlebih dulu sebelum event. Apa itu carbo loading? Maksudnya adalah mengonsumsi banyak makanan yang mengandung karbohidrat. Contohnya nasi, mi, suun, dan teman-temannya yang lain.

Pada umumnya, pesepeda itu senang kalau berat badannya ideal atau cenderung kurus. Badan yang lebih slim akan membuat badan terasa ringan saat gowes. Kalau Anda merasa tidak ringan dan bila timbangan Anda terlalu mudah naik, coba periksa. Mungkin si timbangan rusak.

Kalau angkanya cenderung tinggi, saya anjurkan untuk segera diperbaiki. Atau dilem biru saja. Kalau angkanya cenderung rendah, itu berarti timbangan tersebut adalah timbangan yang sangat pengertian.

Jadi kalau pas menimbang badan di sebuah klinik, berat Anda yang tertera katakanlah 100 kilogram. Namun jika timbangan di rumah menunjukkan angka 94, maka rawat lah timbangan itu baik-baik, wkwkwkwk.

Sebenarnya perlu nggak sih carbo loading itu? Menurut saya, lihat-lihat eventnya dulu. Serta di daerah mana event itu diadakan. Contoh pada hari Sabtu-Minggu ini saya rencana mengikuti Mandiri Sulut KOM Challenge 2022. Event ini akanĀ  yang akan diadakan di Kota Manado dan sekitarnya.

Nah menurut saya, saya tak perlu carbo loading beberapa hari sebelum Mandiri Sulut KOM Challenge 2022. SebabĀ  ketika tiba di Manado hingga sehari sebelum event, saya sisakan ruang yang cukup untuk makanan lokal Sulawesi guna memenuhi ruang maag dan usus saya.

Kenapa tidak mulai dari sebelumnya. Jawabannya karena saya jarang ke Manado. Jadi, kalau tempat itu jarang kita kunjungi dan apa yang disuguhkan di sana cocok, saya sarankan tidak perlu carbo loading di tempat tinggal Anda. Tapi kalau eventnya dekat kediaman Anda, pilihan kembali ke masing-masing.

Efek positif carbo loading sudah sering disinggung, Agar cyclist tidak bonk ketika menjalani event sepeda yang panjang. Istilah otomotifnya agar tidak kehabisan bensin. Tapi carbo loading mempunyai kekurangan, yaitu bablas atau kebanyakan.

Mentang-mentang mau event sepeda makannya losss. Ketika di event juga sarat makanan wkwkwkwk. Maka kemungkinan besar makanan akan surplus dibadan kita. Jeleknya, bila usus kita sudah biasa menggiling makanan jumlah besar, maka dia akan kaget ketika jumlah pasokannya berkurang.

Jadi, carbo loading sebelum event memang perlu. Tapi ada takarannya. Makin jauh dari rumah, makin tidak jelas takarannya menurut saya.

Carbo loading atau tidak yang penting harus menjalani event dengan gembira. Kalau tidak bisa gembira ya berusaha gembira. Karena makin tidak happy, makin berat gowes Anda. Sekian. (johnny ray)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 99

Foto: Jovan Mario Tengker


COMMENTS