Madiun Lawu Challenge Tuntas, Wacanakan Start dari Surabaya pada 2023


Madiun Lawu Challenge (MLC) 2022 telah tuntas. Gelaran yang termasuk dalam rangkaian hari jadi Kota Madiun ke-104 ini berlangsung sukses pada Sabtu, 16 Juli 2022. MLC diikuti lebih dari 320 peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri.

Event yang digagas Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun dan ISSI Madiun ini dihadiri peserta dari berbagai kota di Indonesia. Tak hanya dari sekitar Jawa Timur (Jatim) saja, ada pula peserta dari luar provinsi seperti Surakarta, Cirebon, Bandung, Lombok, Gorontalo hingga Pekanbaru. Termasuk peserta luar negeri dari Italia.

Berbagai nama cyclist yang masyhur di kalangan pesepeda juga ambil bagian di MLC. Sebut saja YouTuber asal Jogjakarya, Dony Wahyu Adhika. Lalu Ferry Silviana Feronica, istri Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. Founder Mainsepeda.com yang dijuluki "kepala sekolah" AA School of Suffering, Azrul Ananda juga hadir dengan istrinya, Ivo Ananda.

MLC mempuh total jarak 70 kilometer. Membawa peserta nanjak hingga elevasi 1.800 meter. Peserta start dari Balai Kota Madiun. Merka gowes sejauh 30 kilometer menuju pit stop di GOR Ki Mageti di Magetan. Usai istirahat sejenak, perjalanan berlanjut menuju garis finis di Cemoro Sewu di kaki Gunung Lawu.

Barisan pemenang Madiun Lawu Challenge kategori Pendekar F 

Peserta MLC dibagi dalam sembilan kategori. Mulai dari Pendekar A, B, C, D, E, F untuk sektor putra. Kemudian ada Women A dan Women B. Plus kategori sepeda lipat. Ratusan peserta itu berjuang untuk mencapai Cemoro Sewu. Salah satu tanjakan yang masyhur di kalangan cyclist Madiun Raya dan sekitar Surakarta.

"Madiun Lawu Challenge ini adalah salah satu awal yang baik. Ini memberikan semangat bagi kami semua untuk mengemasnya lebih meriah lagi pada tahun depan," ucap Wali Kota Madiun Maidi dalam keterangan resminya.

Kesuksesan MLC 2022 membuat Maidi berencana untuk mengubah konsep event ini pada gelaran berikutnya. Ia ingin mengubah rute gowes. Start dari Surabaya dan finis di Madiun. Kemudian peserta bisa menginap semalam di Madiun. Keesokan harinya, mereka baru ditantang nanjak menuju Cemoro Sewu.

"Mungkin nanti kami buat seperti Bromo KOM yang pesertanya mencapai ribuan cyclist. Makanya kita ubah pola menjadi Surabaya-Madiun-Cemoro Sewu. Kami menyusun ulang konsepnya supaya lebih besar dan memuaskan semua pihak ke depannya," sebut Maidi.

Founder Mainsepeda.com, Azrul Ananda bersama Dony Adhika dan Wali Kota Madiun Maidi

Sebagai salah satu peserta, Azrul Ananda memberikan acungan jempol kepada MLC 2022. Selain tanjakan yang top, pemandangan sepanjang jalan pun menyegarkan mata. "Saya suka rute seperti ini gini. Sepanjang jalan mata nggak sumpek karena Kota Madiun dan Magetan cukup bersih," puji Kepsek AA School of Suffering itu.

Peserta dari Italia, Fransesco Bruno juga terkesan dengan MLC 2022. Cyclist yang akrab disapa Cecco ini hadir bersama istrinya Widi Bruno. "Ada beberap tanjakan terjal. Tapi pemandangannya bagus. cocok untuk wisata sambil gowes," ucap Cecco.

Rangkaian acara MLC 2022 akan berlanjut dengan balapan Criterium pada Minggu, 17 Juli 2022. Event ini akan berlangsung di sekitar Stadion Wilis. Sebelumnya berlangsung fun bike carnival pada Jumat, 15 Juli 2022. Evet gowes ini konon diikuti ribuan orang.

"Alhamdulillah rangkaian acara Madiun Lawu Challenge berlangsung lancar. Acara fun bike bahkan tembus 3.000 peserta. Padahal digelar Jumat sore," ucap Ketua ISSI Kota Madiun Faizal Rachman. (mainsepeda)

Hasil Madiun Lawu Challenge (MLC) 2022

Pendekar A
1. M. Latifatul Habibi
2. Sulthon Muhammad
3. Steven Oktavian Mingrunal
4. Ahmad Dzulaiman
5. Zidane Sindhu

Pendekar B
1. Naufal Farhan Nugie
2. Aji Nur Faiz
3. Daniel Alberto
4. Andika Wahyu Pratama
5. Satrio Adi Kusuma

Pendekar C
1. Haritz Affan Torisz
2. M. Roihan Salim
3. Zidan Attala Nouval
4. Nova Nurdinata
5. Aris Agung Nugroho

Pendekar D
1. Bagus Harristyawan Hefnar
2. Eko Bayu
3. Edy Susanto
4. Purwantoro
5. M. Arief

Pendekar E
1. Deni Sudrajat
2. Yohanes Tekno Wijoyo
3. Juwanto
4. Daniel James
5. Agus Haryanto

Pendekar F
1. Rudy Rustanto
2. Asril Kurniadi
3. Tarmin Hadiwiyono
4. Suwadi Haliman
5. Suyatno

Women A
1. Maghfirotika Marendra
2. Ni'mal Maghfiroh
3. Arnetta Cita Harianto
4. Nadila Wahyu Fenanda

Women B
1. Priscilla Gunawan
2. Ferry Silviana Feronica
3. Henny Kusuma Dewi
4. Ivo Ananda
5. Rina Harjianto

Sepeda Lipat
1. Dwi Ratsongko
2. Yugo Muji Santiko
3. Satria Sasmita
4. H. Faisol Arif
5. Bambang Wahyudi

Podcast Main Sepeda Gowes ke Madiun, Kota Tujuan Baru untuk Cyclist

Foto: Kominfo Kota Madiun


COMMENTS