Pogacar Superior, Taklukkan Kamna dan Vingegaard


Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) menang lagi. Sang juara bertahan finis pertama di Etape 7 Tour de France 2022 pada Jumat, 9 Juli 2022. Kemenangan yang tidak mudah. Mengingat Pogacar harus bekerja keras hingga 80 meter terakhir untuk naik podium lagi.

Etape 7 merupakan mountain stage pertama di Tour de France 2022. Tahapan ini membawa pembalap melaju di rute sepanjang 176,3 kilometer. Lomba dimulai dari Tomblaine menuju puncak La Super Planche des Belles Filles. Ini adalah tanjakan Kategori 1 sepanjang 7 kilometer dengan gradien rata-rata 8,5 persen.

Lennard Kamna (Bora-Hansgrohe) yang menjadi bagian dari kelompok breakaway, menyerang sendirian di sisa lima kilometer. Rider asal Jerman ini meninggalkan enam pembalap lainnya yang juga berupaya melarikan diri. Termasuk Dylan Teuns (Bahrain Victorious) dan rekan setimnya di Bora-Hansgrohe, Maximilian Schachmann.

Sementara itu, kelompok pengejar yang dipimpin Pogacar dan duo leader Jumbo-Visma, Jonas Vingegaard dan Primoz Roglic, berusaha keras untuk menjangkau Kamna. Tidak mudah. Mengingat Kamna terus melaju sendirian di baris terdepan. Ia unggul 45 detik dari kelompok Pogacar di sisa 800 meter.

Kamna sudah sangat dekat mendapatkan kemenangan keduanya di Tour de France. Akan tetapi, impian untuk naik podium seketika buyar di 200 meter terakhir. Pembalap 25 tahun ini disalip Vingegaaard dan Pogacar. Dua sosok ini kemudian saling beradu untuk finis pertama di La Super Planche des Belles Filles.

Vingegaard sebenarnya berada di posisi terdepan. Namun, Pogacar berhasil menyalip pembalap asal Denmark itu di sisa 80 meter. Pogacar menang. Vingegaard finis kedua. Posisi ketiga direbut Roglic. Sementara Kamna finis keempat dengan selisih 14 detik dari sang juara bertahan.

"Memang sangat disayangkan, tetapi tidak ada yang bisa saya lakukan. Saya telah memberikan segalanya sampai akhir dan tidak bisa lebih cepat satu detik pun," sesal Kamna selepas lomba.

Sementara Pogacar tampak sangat lega. Apalagi kemenangan ini disaksikan oleh keluarga beserta tunangannya, Urska Zigart. "Ini adalah etape yang sulit. Terutama di bagian terakhir pendakian saat Jonas mulai menyerang," ungkap Pogacar dalam laman resmi UAE Team Emirates.

Pembalap asal Slovenia ini mengaku sudah lama membidik kemenangan di La Super Planche des Belles Filles. Sejak Amaury Sport Organisation (ASO) sebagai penyelenggara Tour de France, mempresentasikan rute 2022 beberapa waktu lalu.

Hasil Etape 7 membuat Pogacar makin mantap di puncak General Classification (GC). Hanya Vingegaard yang mampu mendekatinya dengan gap 35 detik. Sementara Geraint Thomas (Ineos Grenadiers) yang duduk di posisi tiga, terpaut lebih dari satu menit.

"Kami memperoleh beberapa detik lebih banyak dari saingan kami. Tetapi keunggulannya tidak pernah cukup. Terutama ketika menghadapi lawan yang kuat seperti Vingegaard. Ia salah satu climber terbaik di dunia," sanjung Pogacar.

Selanjutnya, Etape 8 menyuguhkan rute sepanjang 186,3 kilometer dari Dole menuju Lausanne di Swiss. Ada empat tanjakan yang dilalui. Termasuk nanjak di Cote du Stade Olympique untuk mencapai garis finis. Ini adalah tanjakan sepanjang 4,9 kilometer dengan gradien rata-rata 4,5 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 7 Tour de France 2022 (Top Ten)
1. Tadej Pogačar (Slovenia), UAE Team Emirates 3 jam 58 menit 40 detik
2. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +
3. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +12
4. Lennard Kamna (Jerman), Bora-Hansgrohe +14
5. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +14
6. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +19
7. Enric Mas (Spanyol), Movistar +21
8. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +21
9. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +29
10. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +41

General Classification usai 7 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 24 jam 43 menit 14 detik
2. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +35
3. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +1:10
4. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +1:18
5. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +1:31
6. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +1:32
7. Tom Pidcock (Inggris), Ineos Grenadiers +1:35
8. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Education-EasyPost +1:37
9. Enric Mas (Spanyol), Movistar +1:43
10. Daniel Felipe Martínez (Kolombia), Ineos Grenadiers +1:55

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 97

Foto: Getty Images


COMMENTS