Pogacar Menang dan Ambil Alih Yellow Jersey


Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) mendapatkan kemenangan pertamanya di Tour de France 2022. Sang juara bertahan menunjukkan tajinya di Etape 6 pada Kamis, 7 Juli 2022. Tak sekadar menang, Pogacar juga melesat ke puncak General Classification (GC) guna merebut yellow jersey.

Etape 6 menyajikan medan perbukitan yang membentang dari Binche menuju Longwy. Panjang rutenya 219,9 kilometer. Terdapat beberapa tanjakan Kategori 3 dan 4 di etape ini. Finisnya mengharuskan pembalap nanjak sepanjang 800 meter dengan gradien 10,9 persen di Cote de Pulventeux.

Tahapan ini sekaligus menjadi etape terpanjang di Tour de France tahun ini. Setelah berjuang di barisan tengah di Etape 5, Wout van Aert (Jumbo-Visma) memimpin grup breakaway bersama Jakob Fuglsang (Israel-Premier Tech) dan Quinn Simmons (Trek-Segafredo).

Usai 70 kilometer memimpin, Fuglsang tercecer dan tertangkap peloton di sisa 63 kilometer. Lalu giliran Simmons yang kembali ke rombongan besar di sisa 27 kilometer. Setelah berjuang sendirian di depan, Van Aert akhirnya kembali ke rombongan besar di sisa sepuluh kilometer.

Ketika memasuki pendakian terakhir, Primoz Roglic (Jumbo-Visma) melepaskan manuver di sisa 400 meter. Tetapi pembalap Slovenia itu gagal mempertahankan keunggulannya. Ia disalip Pogacar di sisa 200 meter. Sang juara bertahan melaju sangat cepat menuju finis guna memenangi etape ini.

Pogacar menuntaskan Etape 6 dalam waktu 4 jam 27 menit 13 detik. Michael Matthews (BikeExchange-Jayco) dan David Gaudu (Groupama-FDJ) finis kedua dan ketiga. Sementara Roglic tercecer di peringkat sembilan. Ini adalah kemenangan perdana Pogacar di Tour de France 2022.

Tidak hanya memenangi Etape 6, Pogacar sekaligus mengkudeta Van Aert dari puncak GC. Kini ia bertengger di peringkat pertama. Unggul empat detik dari Neilson Powless (EF Education-EasyPost). Pembalap andalan tim Jumbo-Visma, Jonas Vingegaard nangkring di posisi tiga dengan selisih 31 detik.

"Setelah kelelahan di beberapa tanjakan terakhir, sangat sulit untuk menyalip semua orang dengan kecepatan tinggi. Tetapi saya memiliki kaki yang bagus. Saya sangat senang dengan kemenangan ini dan bisa mengenakan jersey kuning," bilang Pogacar.

Sementara Van Aert yang finis ke-103, melorot ke peringkat 53 di klasemen overall. Meski demikian, pembalap 27 tahun tersebut mendominasi points classification dan berhak mengenakan green jersey. Ia mengumpulkan total 198 poin. Terpaut jauh dari rider QuickStep Alpha Vinyl Fabio Jakobsen (137 poin).

"Ini adalah cara yang bagus untuk mengakhiri waktu saya mengenakan jersey kuning. Sekarang saya memakai jersey hijau," bikang Van Aert dalam laman resmi Jumbo-Visma.

Selanjutnya, Etape 7 akan menyuguhkan mountain stage pertama di Tour de France 2022. Peloton bertolak dari Tomblaine menuju La Super Planche des Belles Filles. Total jaraknya 176,3 kilometer. Para pembalap melalui dua tanjakan Kategori 3 di Col de la Grosse Pierre dan Col des Croix.

Kemudian mereka harus nanjak di La Super Planche des Belles Filles untuk mencapai garis finis. Inilah tanjakan Kategori 1 sepanjang 7 kilometer dengan gradien rata-rata 8,5 persen. Pogacar menjadi kandidat terkuat untuk berjaya di tahapan ini. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 Tour de France 2022 (Top Ten)
1. Tadej Pogačar (Slovenia), UAE Team Emirates 4 jam 27 menit 13 detik
2. Michael Matthews (Australia), BikeExchange-Jayco +0
3. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +0
4. Tom Pidcock (Inggris), Ineos Grenadiers +0
5. Nairo Quintana (Kolombia), Arkéa Samsic +0
6. Dylan Teuns (Belgia), Bahrain Victorious +0
7. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +0
8. Daniel Felipe Martínez (Kolombia), Ineos Grenadiers +0
9. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +0
10. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +0

General Classification usai 6 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 20 jam 44 menit 44 detik
2. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Education-EasyPost +4
3. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +31
4. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +39
5. Tom Pidcock (Inggris), Ineos Grenadiers +40
6. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +46
7. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +52
8. Daniel Felipe Martínez (Kolombia), Ineos Grenadiers +1:00
9. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +1:01
10. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +1:02

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 97

Foto: ASO, Cor Vos


COMMENTS