Vuillermoz Menang, Van Aert Kehilangan Jersey Kuning


Misi Wout van Aert (Jumbo-Visma) untuk mengulang kemenangan di Etape 2 Critérium du Dauphiné 2022 gagal terlaksana. Alih-alih naik podium lagi, rider asal Belgia itu justru lengser dari puncak General Classification (GC) serta kehilangan jersey kuning. Etape ini dimenangkan pembalap nonunggulan, Alexis Vuillermoz (TotalEnergies).

Setelah finis pertama di Etape 1 pada Minggu, 5 Juni 2022 kemarin, Van Aert membidik kemenangan di Etape 2 pada Senin, 6 Juni 2022. Sayang, ambisi Van Aert digagalkan oleh sekelompok pembalap yang melarikan diri dari rombongan utama sejak 20 kilometer setelah start.

Etape 2 berlangsung di rute sepanjang 169,8 kilometer pada Senin, 6 Juni 2022. Peloton start dari Saint-Péray menuju Brives-Charensac. Satu tanjakan Kategori 4, dua Kategori 3, dan satu Kategori 2 di Col de Mezilhac menjadi menu utama di tahapan ini.

Kemudian enam pembalap melakukan breakaway di 20 kilometer setelah start. Mereka adalah Alexis Vuillermoz (TotalEnergies), Anders Skaarseth (Uno-X Pro Cycling), Kevin Vermaerke (Team DSM), Anthony Delaplace (Arkéa-Samsic), Xandres Vervloesem (Lotto Soudal), dan Olivier Le Gac (Groupama-FDJ).

Dalam perjalanannya, Vervloesem tertangkap peloton di 60 kilometer menjelang finis. Hanya lima pembalap yang bertahan hingga kilometer terakhir. Alexis Vuillermoz berhasil finis pertama dengan catatan waktu 4 jam 3 menit 34 detik. Skaarseth dan Le Gac finis kedua dan ketiga.

"Saya benar-benar berpikir kami akan ditangkap dan ketika Olivier Le Gac memulai sprint, saya pikir akan kalah sprint. Tetapi pada saat yang sama saya memikirkan pebalap Intermarché-Wanty-Gobert (Taco van der Hoorn) di Brussels Cycling Classic kemarin. Ia juga tidak menyerah," ungkapnya.

Ini adalah kemenangan pertama Vuillermoz selama lebih dari tiga tahun. Serta menjadi kemenangan keduanya di WorldTour. Sebelumnya, rider 34 tahun asal Prancis tersebut berjaya di Etape 8 Tour de France 2015 silam.

"Saya mengalami tahun-tahun yang sulit, tetapi musim ini berjalan dengan baik," kata Vuillermoz seusai lomba dilansir Sporza.

Kemenangan di Etape 2 membuat Vuillermoz mengkudeta Van Aert dari puncak GC. Vuillermoz sekaligus merebut jersey kuning dari pembalap asal Belgia tersebut. Meski demikian, Van Aert dapat mempertahankan jersey hijau selepas etape ini.

Selanjutnya, Etape 3 akan berlangsung di Saint-Paulien menuju Chastreix-Sancy. Total jaraknya 169 kilometer. Finisnya di puncak Chastreix-Sancy, tanjakan Kategori 2 sepanjang 6,2 kilometer dengan gradien rata-rata 5,6 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Criterium du Dauphine 2022 (Top Ten)
1. Alexis Vuillermoz (Prancis), TotalEnergies 4 jam 3 menit 34 detik
2. Anders Skaarseth (Norwegia), Uno-X Pro Cycling +0
3. Olivier Le Gac (Prancis), Groupama-FDJ +0
4. Kevin Vermaerke (Amerika Serikat), Team DSM +0
5. Anthony Delaplace (Prancis), Arkéa-Samsic +0
6. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +5
7. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +5
8. Hugo Page (Prancis), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +5
9. Clément Venturini (Prancis), AG2R Citroën +5
10. Alexandr Riabushenko (Belarusia), Astana Qazaqstan +5

General Classification usai 2 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Alexis Vuillermoz (Prancis), TotalEnergies 8 jam 40 menit 55 detik
2. Anders Skaarseth (Norwegia), Uno-X Pro Cycling +3
3. Olivier Le Gac (Prancis), Groupama-FDJ +4
4. Wout van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +5
5. Kevin Vermaerke (Amerika Serikat), Team DSM +7
6. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +9
7. Anthony Delaplace (Prancis), Arkéa-Samsic +10
8. Sean Quinn (Amerika Serikat), EF Education-EasyPost +11
9. Maxime Bouet (Prancis), Arkea-Samsic +12
10. Laurens Huys (Belgia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +13

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 88

Foto: Getty Images


COMMENTS