Bouwman Kantongi Kemenangan Kedua untuk Jumbo-Visma


Koen Bouwman berhasil memberikan obat pelipur lara bagi Jumbo-Visma di Giro d'Italia 2022. Bagaimana tidak, Tom Dumoulin yang digadang-gadang bersaing di General Classification (GC), justru tampil meredup. Sebaliknya, Bouwman justru berhasil mengantongi dua kemenangan etape di Negeri Pisa.

Jumbo-Visma datang ke Giro 2022 dengan Dumoulin sebagai ujung tombak. Pembalap 31 tahun itu diharapkan dapat bersaing dengan Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) di klasemen overall. Sayang, performa Dumoulin jauh panggang dari api. Ia melempem di Giro 2022. Bahkan gagal finis di Etape 14 pada Sabtu, 21 Mei 2022.

Meredupnya performa Dumoulin di Italia, berhasil ditutupi oleh aksi mengagumkan Bouwman dalam balapan tiga pekan terbesar di Negeri Pisa itu. Pembalap 28 tahun tersebut menjadi yang tercepat di Etape 19 pada Jumat, 27 Mei 2022.

Tahapan ini menempuh total jarak 178 kilometer. Para pembalap start dari Marano Lagunare menuju Santuario di Castelmonte. Kolovrat menjadi tanjakan terberat yang harus dilalui para pembalap di etape ini. Panjangnya 10,3 kilometer dengan gradien rata-rata 9,1 persen.

Bouwman menyelesaikannya dengan catatan waktu 4 jam 32 menit 55 detik. Mauro Schmid (QuickStep Alpha Vinyl) finis kedua dengan catatan waktu serupa. Sementara Alessandro Tonelli (Bardiani-CSF-Faizanè) di posisi tiga dengan selisih tiga detik.

Ada sedikit insiden di tikungan terakhir. Saat Bouwman dan Schmid belok kiri, Attila Valter (Groupama-FDJ) dan Andrea Vendrame (AG2R Citroën) justru bergerak lurus. Mereka sempat membentur pagar pembatas. Beruntung tidak ada insiden fatal. Namun Valter dan Vendrame harus puas finis keempat dan kelima.

"Saya tahu tentang tikungan terakhir itu. Akan tetapi, saya tidak menyangka tikungan itu akan sangat tajam. Saya sedikit mengerem. Tapi saya tetap dalam posisi terbaik sehingga berhasil memenangi tahapan ini," terang Bouwman selepas balapan.

Ini adalah kemenangan keduanya di Giro d'Italia musim ini. Sebelumnyam Bouwman berhasil naik podium utama di Etape 7 pada 13 Mei 2022 lalu. Kemenangan ini juga membuat Bouwman makin mantap di tabel King of the Mountains (KOM) classification. Ia berhak mengenakan jersey biru sebagai simbol raja tanjakan.

Sementara itu, Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) masih bertengger di puncak klasemen overall. Pembalap asal Ekuador itu ditempel ketat Jai Hindley (Bora-Hansgrohe). Mereka hanya terpaut tiga detik saja. Carapaz akan mengenakan maglia rosa saat start di Etape 20 pada Sabtu, 28 Mei 2022.

Etape 20 merupakan mountain stage terakhir di Giro 2022. Peloton akan start dari Belluno menuju Marmolada. Panjang rutenya 168 kilometer. Selain melalui dua tanjakan Kategori 1, yakni Passo San Pellegrino dan Passo Fedaia, pembalap juga harus menaklukkan tanjakan Hors Categorie (HC) di Passo Pordoi. (mainsepeda)

Hasil Etape 19 Giro d'Italia 2022 (Top Ten)
1. Koen Bouwman (Belanda), Jumbo-Visma 4 jam 32 menit 55 detik
2. Mauro Schmid (Swiss), QuickStep Alpha Vinyl +0
3. Alessandro Tonelli (Italia), Bardiani-CSF-Faizanè +3
4. Attila Valter (Luxembourg), Groupama-FDJ +6
5. Andrea Vendrame (Italia), AG2R Citroën +10
6. Tobias Bayer (Austria), Alpecin-Fenix +2:45
7. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +3:49
8. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +3:56
9. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +3:56
10. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +3:56

General Classification usai 19 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers 81 jam 11 menit 12 detik
2. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +3
3. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +1:05
4. Vincenzo Nibali (Italia), Astana Qazaqstan Team +5:53
5. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +6:22
6. Jan Hirt (Ceko), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +7:15
7. Emanuel Buchmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +8:21
8. Domenico Pozzovivo (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +12:55
9. Juan Pedro Lopez (Spanyol), Trek-Segafredo +15:29
10. Hugh Carty (Inggris), EF Education-EasyPost +17:10

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 86

Foto: Sprint Cycling Agency, Getty Images


COMMENTS