Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) menutup pekan kedua Giro d'Italia 2022 dengan manis. Pembalap Ekuador itu masih bertengger di puncak General Classification (GC) di akhir Etape 15. Sementara itu, tahapan ini menjadi milik rider asal Italia, Giulio Ciccone (Trek-Segafredo).

Etape 15 merupakan tahapan terakhir sebelum masa jeda ketiga di ajang ini. Para pembalap melaju dari Rivarolo Canavese menuju Cogne dengan total jarak 178 kilometer pada Minggu, 22 Mei 2022. Peloton harus melalui dua tanjakan Kategori 1 di Pila-Les Fleur dan Verrogne. Lalu nanjak ke puncak Cogne sejauh 22,1 kilometer dengan gradien 4,3 persen.

Ciccone menjadi pembalap tercepat. Ia menuntaskannya dalam waktu 4 jam 37 menit 41 detik. Ciccone unggul lebih dari satu menit dari Santiago Buitrago (Bahrain Victorious) yang finis di posisi kedua. Lalu Antonio Pedrero (Movistar) menduduki posisi ketiga dengan selisih lebih dari dua menit.

"Saya datang ke Giro ini dengan beberapa tanda tanya. Persiapannya bukan yang terbaik. Tentu saja, saya memikirkan GC. Tetapi setelah Blockhaus jelas ini tidak mungkin. Tapi saya berjanji pada diri sendiri setelah ini bahwa saya siap untuk mengubah balapan saya dan menetapkan tujuan baru," bilang Ciccone.

Ini adalah kemenangan ketiga Ciccone sepanjang partisipasinya di Giro. Ia juga meraih kemenangan etape pada musim 2016 dan 2019. Selain itu, kemenangan ini sekaligus mengakhiri masa sulit Ciccone selama lebih dari dua tahun. Ia kali terakhir meraih kemenangan pada medio Februari 2020 di Trofeo Laigueglia.

Hasil di Etape 15 menjadi kabar baik untuk Carapaz. Peraih medali emas di Olimpiade Tokyo ini belum tergusur dari puncak klasemen overall. Ia berhasil mempertahankan jersey pink sebelum memasuki pekan terberat di Giro 2022 yang dimulai Selasa, 24 Mei 2022 nanti.

Carapaz tetap di puncak CG setelah finis ke-13 di Etape 15. Terpaut hampir delapan menit dari Ciccone. Ia finis bersamaan dengan para kandidat juara lainnya seperti Jai Hindley (Bora-Hansgrohe), Joao Almeida (UAE Team Emirates), hingga Mikel Landa (Bahrain Victorious).

"Saya terjatuh di awal etape. Tapi untungnya tidak ada masalah serius. Saya hanya harus ganti sepeda. Lalu tahapan ini berjalan lancar dengan skenario balapan yang bagus. Awalnya, ini adalah lomba yang sulit. Setelah itu kami memiliki segalanya di bawah kendali," ungkap Carapaz dalam laman resmi tim Ineos Grenadiers.

Selanjutnya, Giro akan memasuki pekan ketiga sekaligus penentu. Ada empat mountain stage yang harus dilalui. Gelaran ini akan ditutup dengan balapan individual time trial (ITT) di Etape 21 di Verona nanti. (mainsepeda)

Hasil Etape 15 Giro d'Italia 2022 (Top Ten)
1. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo 4 jam 37 menit 41 detik
2. Santiago Buitrago (Kolombia), Bahrain Victorious +1:31
3. Antonio Pedrero (Spanyol), Movistar +2:19
4. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-EasyPost +3:09
5. Martijn Tusveld (Belanda), Team DSM +4:36
6. Luca Covili (Italia), Bardiani-CSF-Faizanè +5:08
7. Natnael Tesfatsion (Eritrea), Drone Hopper-Androni Giocattoli +5:27
8. Bauke Mollema (Belanda), Trek-Segafredo +5:27
9. Gijs Leemreize (Belanda), Jumbo-Visma +5:27
10. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +6:06

General Classification usai 15 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers 63 jam 6 menit 57 detik
2. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +7
3. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +30
4. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +59
5. Domenico Pozzovivo (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +1:03
6. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +1:52
7. Emanuel Buchmann  (Jerman), Bora-Hansgrohe +1:52
8. Vincenzo Nibali (Italia), Astana Qazaqstan Team +2:58
9. Juan Pedro Lopez (Spanyol), Trek-Segafredo +4:04
10. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +8:02

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 85

Foto: Getty Images, Sprint Cycling Agency


COMMENTS