Recovery Ride Keliling Surabaya, Berakhir dengan Rawon "Dolly"


Wakil Wali Kota Surabaya Armuji (depan paling kiri) dan Azrul Ananda (paling kanan) mengapit Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Peserta Antangin Bromo KOM Challenge 2022 dapat suguhan khusus. Untuk kali pertama sejak pertama kali diselenggarakan, peserta event nanjak paling heboh di Indonesia tersebut mendapatkan "menu tambahan", yakni recovery ride. Rutenya keliling Surabaya.

Start recovery ride itu berlangsung di Surabaya Town Square (Sutos). Rombongan kemudian bergerak ke Jalan Raya Darmo - Basuki Rahmad - Embong Malang.

Peserta lalu melintasi bangunan bersejarah, Tugu Pahlawan. Dari Tugu Pahlawan, peserta diajak bergerak ke utara. Sempat melintas di Jembatan Merah. Rombongan lalu diarahkan ke Jalan Veteran untuk menikmati bangunan-bangunan cagar budaya.

Dari sana rute dilanjutkan ke arah Kenjeran, memutar di bawah Jembatan Suramadu. Rombongan kemudian bergerak ke tengah kota lagi dengan melintasi stadion legendaris di kota Surabaya, Gelora 10 Nopember. Recovery ride berakhir di Balai Kota Surabaya. 

Recovery ride ini didukung penuh oleh Pemkot Surabaya. Bahkan, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Wakil Wali Kota Armuji turut sebagai peserta recovery ride. Turut pula komunitas gowes para PNS di lingkungan Pemkot Surabaya, Becak Taman Surya.

Di tengah kesibukannya itu, Eri dan Armuji menyantap semua rute recovery ride. Padahal dua mereka sebenarnya punya banyak agenda sepanjang hari Minggu. Eri Cahyadi misalnya. Ia harus menghadiri padatnya rangkaian acara perayaan HUT Surabaya ke-729. Dari pagi sampai malam. Bahkan, Armuji pada sorenya punya hajatan mantu anaknya.

Di akhir recovery ride, Pemkot Surabaya menyiapkan sejumlah makanan khas Surabaya untuk peserta. Salah satunya rawon khas bekas lokalisasi Dolly.

Makanan dengan warna khas hitam itu digagas oleh beberapa orang yang dulu menolak penutupan lokalisasi Dolly. Sebagaimana diketahui, pemberdayaan yang dilakukan Pemkot Surabaya akhirnya bisa membuat orang-orang yang dulu menggantungkan pendapatannya dari sekitar lokalisasi, kini akhirnya bisa berubah lebih baik.

Eri Cahyadi mengaku senang Antangin Bromo KOM Challenge 2022 akhirnya bisa digelar kembali setelah hiatus pada 2021. Oleh karena itu, ia merasa Pemkot Surabaya harus memberi dukungan penuh. Harus menyambut para peserta untuk lebih mengenal dan menikmati kota Surabaya.

Apalagi penyelenggaraan Antangin Bromo KOM Challenge 2022 memang punya impact ekonomi terhadap Surabaya. Di antaranya penuhnya sejumlah hotel di Surabaya karena dipesan para peserta Antangin Bromo KOM Challenge 2022.

"Tahun depan saya berharap peserta bisa kembali seperti sebelum pandemi. Bahkan bisa bertambah lebih banyak. Pemkot siap mendukung penuh, kami ingin ini masuk menjadi agenda perayaan HUT Surabaya. Sebab acara ini bisa menjadi bagian untuk memasarkan kota Surabaya," kata Eri.

Sementara itu founder Mainsepeda.com Azrul Ananda menyampaikan terima kasihnya pada Pemkot Surabaya. Dukungan pemkot itu membuat Antangin Bromo KOM Challenge 2022 mengesankan bahwa event tersebut benar-benar milik Kota Surabaya.(mainsepeda).

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 85

Foto: Chaidar


COMMENTS