Jumbo-Visma Dominan, Van Aert dan Laporte Finis 1-2


Tim Jumbo-Visma kian menakutkan dengan kehadiran Christophe Laporte. Pembalap asal Prancis itu menjadi partner sepadan untuk Wout van Aert. Kolaborasi Van Aert dan Laporte berhasil mendominasi E3 Saxo Bank Classic 2022 pada Jumat (25/3).

Edisi ke-64 E3 Saxo Bank Classic ini berlangsung di rute sepanjang 203,9 kilometer di Harelbeke. Diikuti 18 tim WorldTour dan tujuh ProTeam. Selainm Van Aert, balapan ini diikuti nama-nama top lainnya seperti Peter Sagan (TotalEnergies) dan Matej Mohoric (Bahrain Victorious) yang baru saja memenangi Milan-San Remo.

Van Aert dan Laporte masih berada di grup terdepan di sisa 50 kilometer. Mereka bergabung dengan Mohoric, Stefan Küng (Groupama-FDJ), Dylan van Baarle (Ineos Grenadiers), Kasper Asgreen (QuickStep Alpha Vinyl), dan sepuluh pembalap lainnya.

Van Aert dan Laporte meningkatkan akselerasinya di 40 kilometer menjelang finis. Mereka melaju lebih kencang dan berusaha menjaga jarak dari para pesaing. Aksi kedua pembalap ini benar-benar tak terkejar. Mereka terpaut dua menit saat balapan menyisakan lima kilometer.

Kedua pembalap Jumbo-Visma ini mengakhiri aksinya dengan sempurna. Mereka bersama-sama memasuki garis finis. Van Aert dinyatakan sebagai pemenang. Sementara Laporte di peringkat kedua. Keduanya menuntaskan lomba ini dengan catatan waktu 4 jam 38 menit 4 detik.

"Saya dan Christophe seharusnya lebih defensif sampai Paterberg. Sejak saat itu kami bersama-sama di depan. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Christophe yang telah memberi saya kemenangan ini. Sangat berarti memenangkan balapan klasik di Flanders. Saya sangat bangga dengan tim ini," ucap Van Aert.

Ini adalah momen finis bersama kedua bagi tim Jumbo-Visma. Sebelumnya, Laporte, Van Aert, dan Promoz Roglic finis bersamaan di Etape 1 Paris-Nice 2022. Bukan tidak mungkin kemenangan dengan pola serupa akan kembali didapatkan pada musim ini. Sebab, menurut Van Aert, ia memiliki tim yang solid dan luar biasa.

"Tidak ada diskusi sama sekali tentang kemenangan. Saya pikir masih ada banyak balapan yang akan datang dan kami pasti akan berakhir dalam situasi yang lebih sulit dengan lebih banyak orang di sekitar kami. Cepat atau lambat Christophe atau orang lain akan mendapatkan kesempatan ini," tegasnya.

Ini adalah kemenangan ketiga bagi Van Aert pada musim ini. Sebelumnya, pembalap asal Belgia itu menjuarai Omloop Het Nieuwsblad. Kemudian finis pertama di balapan time trial di Etape 4 Paris-Nice 2022. Selanjutnya ia akan tampil di Gent–Wevelgem pada Minggu (27/3) besok.

"E3 Saxo Bank Classic adalah salah satu balapan tersulit di musim semi. Tetapi, saya belajar bahwa tim kami benar-benar sedang berada di puncaknya," katanya. (mainsepeda)

Hasil E3 Saxo Bank Classic 2022 (Top Ten)
1. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 4 jam 38 menit 4 detik
2. Christophe Laporte (Prancis), Jumbo-Visma +0
3. Stefan Küng (Swiss), Groupama-FDJ +1:35
4. Matej Mohoric (Slovenia), Bahrain Victorious +1:36
5. Biniam Girmay (Eritrea), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +1:36
6. Jhonatan Narvaez (Ekuador), Ineos Grenadiers +1:36
7. Valentin Madouas (Prancis), Groupama-FDJ +1:36
8. Dylan van Baarle (Belanda), Ineos Grenadiers +1:36
9. Tiesj Benoot (Belgia), Jumbo-Visma +1:36
10. Kasper Asgreen (Denmark), QuickStep Alpha Vinyl +1:36

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 78

Foto: Sprint Cycling Agency


COMMENTS