Pogacar di Ambang Juara Tirreno–Adriatico 2022


Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) semakin dekat dengan gelar juara di Tirreno–Adriatico 2022. Pogacar kian tidak tergoyahkan di puncak klasemen overall setelah memenangi Etape 6, Sabtu (12/3) malam waktu Indonesia.

Tahapan ini membawa para pembalap menyusuri rute sepanjang 215 kilometer. Peloton melaju dari Apecchio ke Carpegna. Tantangan terberat terletak di 50 kilometer menuju finis. Pembalap harus dua kali nanjak di Monte Carpegna.

Monte Carpegna merupakan adalan tanjakan hors categorie (HC) dengan panjang 6,2 kilometer serta gradien rata-rata 9,6 persen. Di tanjakan inilah Pogacar menunjukkan kapasitasnya sebagai juara bertahan sekaligus pembalap terkuat di Tirreno–Adriatico 2022.

"Saya mencoba yang terbaik untuk menghangatkan diri karena hari ini sangat dingin. Saya sangat senang mengambil kemenangan ini karena tim bekerja sangat keras beberapa hari terakhir," kata Pogacar.

Balapan dibuka dengan aksi empat pembalap yang melakukan breakaway sejak 20 kilometer setelah start. Salah satunya Benoit Cosnefroy dari AG2R Citroen. Berselang 25 kilometer berikutnya, sejumlah pembalap bergabung dengan grup terdepan. Juara dunia Julian Alaphilippe (QuickStep Alpha Vinyl) termasuk di antaranya.

Mereka membentuk grup breakaway yang berisi sembilan pembalap. Kelompok ini meninggalkan peloton dengan gap lebih dari empat menit. Akan tetapi, gap itu semakin menipis d sisa 50 kilometer menjelang finis.

Kemudian giliran Pogacar yang beraksi. Ia berada di grup favorit bersama belasan nama lainnya. Seperti Enric Mas (Movistar), Richie Porte (Ineos Grenadiers), Mikel Landa (Bahrain Victorious), serta andalan Jumbo-Visma Jonas Vingegaard. Kelompok ini berakselerasi di 20 kilometer terakhir.

Pogacar makin meningkatkan kecepatan. Pembalap asal Slovenia itu menyerang sendirian di sisa 16 kilometer. Ketika pembalap lain tampak kesulitan, Pogacar justru sangat menikmati nanjak di Monte Carpegna. Pogacar akhirnya finis pertama di tahapan ini.

"Pertama terima kasih kepada tim saya. Mereka bekerja luar biasa dengan membawa saya ke tanjakan terakhir. Saya dalam performa yang bagus, jadi saya memutuskan untuk melakukannya," terang Pogacar tentang solo ride di 16 kilometer menjelang finis.

Juara bertahan Tour de France itu membukukan catatan waktu 5 jam 28 menit 57 detik. Vingegaard muncul di posisi kedua. Sedangkan tempat ketiga menjadi milik Landa. Kedua pembalap ini terpaut lebih dari satu detik dari sang pemenang.

Kemenangan ini membuat Pogacar tidak tergoyahkan di puncak klasemen overall. Tirreno–Adriatico 2022 memang masih menyisakan satu tahapan lagi. Namun gelar juara hampir pasti menjadi milik Pogacar. "Masih ada satu etape lagi. Jadi kami masih harus tetap tenang," pintanya.

Etape pemungkas Tirreno–Adriatico 2022 akan berlangsung di San Benedetto del Tronto dengan total jarak 159 kilometer. Separuh medannya memang berbebukit, tapi sisanya adalah medan datar. Para pembalap hanya harus nanjak di Riparransone. Ini adalah tanjakan sepanjang 3,6 kilometer dengan gradien 4,9 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 Tirreno–Adriatico 2022 (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slo) UAE Team Emirates 5 jam 28 menit 57 detik
2. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +1:03
3. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +1:03
4. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +1:34
5. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +1:49
6. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +1:49
7. Thibaut Pinot (Francis), Groupama-FDJ +1:49
8. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +2:23
9. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +2:23
10. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +2:23

General Classification usai 6 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 23 jam 45 menit 55 detik
2. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +1:52
3. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +2:33
4. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +2:44
5. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +3:05
6. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +3:16
7. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +3:20 
8. Thibaut Pinot (Prancis), Groupama FDJ +3:37
9. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +3:51
10. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +3:51

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 76

Foto: Tim de Waele/Getty Images, Sprint Cycling Agency


COMMENTS