Merlier Menang, Sagan Finis Keempat


Tim Merlier (Alpecin-Fenix) menjadi yang tercepat dalam adu sprint di Etape 2 Tirreno–Adriatico 2022. Pembalap asal Belgia itu finis pertama setelah menyingkirkan para sprinter top. Salah satunya Peter Sagan (TotalEnergies).

Tahapan ini membawa para pembalap menempuh total rute sepanjang 219 kilometer. Mereka start dari Camaiore menuju Sovicille. Balapan dibuka dengan aksi lima pembalap yang melakukan breakaway. Mereka menyerang sejak lima kilometer setelah bendera start dikibarkan.

Kelima pembalap tersebut adalah Johnatan Cañaveral dan Davide Gabburo dari Bardiani-CSF-Faizanè, Francesco Gavazzi (Eolo-Kometa), serta duo pembalap Drone Hopper-Androni Giocattol Davide Bais dan Umberto Marengo. Mereka memimpin dengan gap lebih dari enam menit dari peloton.

Satu per satu pembalap breakaway mulai rontok di sisa 50 kilometer. Jarak dengan peloton makin dekat, kurang dari tiga menit. Lalu, Marc Soler beraksi di sisa 20 kilometer. Pembalap anyar UAE Team Emirates tersebut tancap gas dan berhasil menangkap dua pembalap yang tersisa di depan.

Ketiga pembalap ini terus bersama hingga mendekati finis. Mereka akhirnya kembali ke peloton di sisa 3,7 kilometer. Setelah itu masing-masing tim mempersiapkan sprinter terbaik untuk bertarung di baris tedepan. Kali ini Tim Merlier (Alpecin-Fenix) berhasil menjadi yang terbaik.

Pembalap asal Belgia itu finis pertama dengan catatan waktu 5 jam 25 menit 23 detik. Olav Kooij (Jumbo-Visma) dan Kaden Groves (BikeExchange-Jayco) menduduki peringkat kedua dan ketiga. Superstar Peter Sagan (Team TotalEnergies) berada di ranking keempat.

"Itu benar-benar balapan yang sibuk. Tujuan pertama saya pada hari ini adalah untuk bertahan di pegunungan. Pada akhirnya orang-orang di tim lah yang membawa saya ke posisi yang baik. Jadi saya harus berlari sampai finis," ucap Merlier selepas pertandingan.

Ini adalah kemenangan pertama Merlier setelah 187 hari. Ia terakhir kali naik podium di Etape 4 Benelux Tour pada awal September tahun lalu. Selain itu, pembalap 29 tahun tersebut memberikan kemenangan keempat bagi tim Alpecin-Fenix pada awal musim ini.

"Kami sudah meraih kemenangan pertama di ajang ini, itu adalah tujuan minggu ini. Sekarang kami akan mengejar lebih banyak lagi kemenangan," terangnya.

Hasil ini belum berdampak signifikan ke posisi pembalap di General Classification (GC). Juara dunia Individual Time Trial (ITT), Filippo Ganna masih di puncak klasemen overall. Member tim Ineos Grenadiers itu unggul belasan detik atas Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) dan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates).

Berikutnya, para pembalap akan menghadapi hilly stage di Etape 3, Rabu (9/3). Etape ini akan menempuh rute sepanjang 170 kilometer. Para pembalap akan start dari Murlo menuju Terni. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Tirreno–Adriatico 2022 (Top Ten)
1. Tim Merlier (Belgia), Alpecin-Fenix 5 jam 25 menit 23 detik
2. Olav Kooij (Belanda), Jumbo-Visma +0
3. Kaden Groves (Australia), BikeExchange-Jayco +0
4. Peter Sagan (Slovakia), TotalEnergies +0
5. Simone Consonni (Italia), Cofidis +0
6. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain Victorious +0
7. Davide Ballerini (Italia), QuickStep Alpha Vinyl +0
8. Giacomo Nizzolo (Italia), Israel-Premier Tech +0
9. Jacopo Guarnieri (Italia), Groupama-FDJ +0
10. Andrea Vendrame (Italia), AG2R Citroen +0

General Classification usai 2 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers 5 jam 40 menit 40 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +11
3. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +17
4. Kasper Asgreen (Denmark), Quick-Step Alpha Vinyl +24
5. Alex Dowsett (Inggris), Israel-Premier Tech +25
6. Thymen Arensman (Belanda), Team DSM +28
7. Tobias Ludvigsson (Swedia), Groupama-FDJ +32
8. Jos van Emden (Belanda), Jumbo-Visma +33
9. Matteo Sobrero (Italia) BikeExchange-Jayco +39
10. Lawson Craddick (Amerika Serikat), BikeExchange-Jayco +39

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray

Foto: Sprint Cycling Agency, Getty Images


COMMENTS