Cosnefroy Kalahkan Alaphilippe di Bretagne Classic

Bretagne Classic 2021 menjadi milik Benoit Cosnefroy (AG2R Citroën). Pembalap asal Prancis ini mengungguli dua rider Deceuninck-QuickStep, yakni Julian Alaphilippe dan Mikkel Honoré dalam lomba yang digeber, Minggu (29/8).

Bretagne berlangsung di medan sepanjang 251 kilometer di Plouay. Balapan dibuka dengan aksi breakaway oleh empat rider, yakni Alessandro De Marchi (Israel Start-Up Nation), Quinten Hermans (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux), Sébastian Grignard (Lotto Soudal), dan Alexis Gougeard (AG2R-Citroën).

Alaphilippe kemudian melancarkan serangan di Bosse Saoutalarin, sekitar 64 kilometer menuju finis. Cosnefroy bergabung dengan rekan senegaranya itu. Selain itu, Honoré dan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) juga merapat. Tetapi Pogacar mulai kehabisan bahan bakar sisa 48 kilometer.
Alaphilippe, Cosnefroy, dan Honoré berhasil menangkap kelompok breakaway di sisa 30 kilometer. Ketiganya terus bersama hingga beradu sprint di garis finis. Cosnefroy menang. Ia mencatatkan waktu 5 jam 59 menit 56 detik. Alaphilippe di posisi kedua dan Honoré finis ketiga.

"Hanya saya yang melawan dua orang Deceuninck di akhir. merasa senang bisa pergi bersama Julian saat ia menyerang. Tentu saja, ini adalah sprint yang berbeda di sini. Saya tahu saya bisa melakukan sesuatu, saya percaya diri," terang Cosnefroy seusai balapan.
Ini adalah kemenangan pertama Cosnefroy di ajang World Tour, dan kemenangan kedua musim ini. Sebelumnya ia finis pertama di Tour du Finistère pada akhir Mei lalu. "Saya telah menunggunya sejak lama. Jadi kemenangan ini brilian," akunya.

Selanjutnya, Cosnefroy dijadwalkan mengikuti tiga event balap di Prancis pada awal September nanti. Lalu turun di Tour de Luxembourg. Pembalap 25 tahun ini juga dijadwalkan tampil di Kejuaraan Dunia Road 2021 di Flanders, Belgia pada akhir September. (mainsepeda)

Hasil Bretagne Classic 2021 (Top Ten)
1. Benoit Cosnefroy (Prancis), AG2R Citroën 5 jam 59 menit 56 detik
2. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +0
3. Mikkel Honoré (Denmark), Deceuninck-QuickStep +3
4. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +13
5. Connor Swift (Inggris), Team Arkea-Samsic +13
6. Franck Bonnamour (Prancis), B&B Hotels p/b KTM +13
7. Jasper Stuyven (Belgia), Trek-Segafredo +13
8. Valentin Madouas (Prancis), Groupama-FDJ +13
9. Quentin Pacher (Prancis), B&B Hotels p/b KTM +16
10. Giacomo Nizzolo (Italia), Team Qhubeka NextHash +17

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 53

Foto: Cor Vos, Getty Images


COMMENTS