Roglic Menang tapi Gagal Rebut Jersey Merah

Ambisi Magnus Cort Nielsen (EF Education–Nippo) untuk memenangi Etape 11 La Vuelta a Espana 2021 buyar di 100 meter terakhir. Cort berhasil disusul oleh grup pembalap unggulan yang dipimpin Primoz Roglic (Jumbo-Visma). Rider asal Slovenia inilah yang berhasil menaklukkan tahapan ini.

Etape 11 dimulai dari Antequera menuju Valdepeñas de Jaén. Total jaraknya 133,6 kilometer. Cort termasuk dalam lima pembalap yang melakukan breakaway. Mereka memisahkan diri dari peloton di 25 kilometer setelah start.
Selain Cort, empat pembalap lainnya adalah Edward Planckaert (Alpecin-Fenix), Joan Bou (Euskaltel-Euskadi), Harm Vanhoucke (Lotto Soudal), dan Jonathan Lastra (Caja Rural-Seguros RGA). Kelimanya memimpin di hampir keseluruhan balapan.

Bou, Lastra, dan Planckaert akhirnya tertangkap peloton di sisa 15 kilometer. Berselang tiga kilometer, giliran Vanhoucke yang kembali ke rombongan besar. Tersisa Cort sendirian di depan. Pembalap asal Denmark sudah sangat dekat dengan kemenangan keduanya di Vuelta a Espana musim ini.
Akan tetapi, ia tampak tak berdaya ketika Roglic, dan sejumlah pembalap top lainnya, melewatinya di sisa 100 meter. Cort sudah kehabisan bahan bakar. Ia mengakhiri tahapan ini dengan finis di peringkat 25. Terpaut 49 detik dari Roglic sebagai pemenang etape.

Roglic membukukan catatan waktu 3 jam 11 menit. Dua pembalap tim Movistar, Enric Mas dan Miguel Angel Lopez finis kedua dan ketiga dengan selisih tiga dan lima menit.

"Ini adalah etape yang sulit. Jaraknya pendek, tapi super panas. Saya juga sangat menderita. Tapi untungnya saya punya cukup tenaga untuk menang," ucap Roglic selepas balapan.
Ini adalah kemenangan kedua Roglic di Vuelta a Espana 2021. Sebelumnya, pembalap 31 tahun ini menjadi yang tercepat di balapan time trial di Etape 1. Sayang, victory di Etape 11 gagal membawa Roglic kembali ke puncak General Classification (GC).

Juara bertahan La Vuelta a Espana itu masih bertengger di peringkat kedua. Ia terpaut hampir dua menit dari Christian Eiking (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux). Rider asal Norwegia itu masih duduk di posisi pertama dan berhak mengenakan jersey merah saat start di Etape 12, Kamis (26/8).

"Selalu menyenangkan untuk menang. Itu adalah akhir yang bagus dengan menanjak yang curam di mana saya biasanya bisa melakukannya dengan baik. Itu adalah tantangan yang bagus dan tim bekerja dengan luar biasa," bilang Roglic. (mainsepeda)

Hasil Etape 11 La Vuelta a Espana 2021 (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 3 jam 11 menit
2. Enric Mas (Spanyol), Movistar +3
3. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Movistar +5
4. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +7
5. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +7
6. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +7
7. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +7
8. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +7
9. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +11
10. Christian Eiking (Norwegia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +11

General Classification usai 11 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Christian Eiking (Norwegia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux 41 jam 48 menit 57 detik
2. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +58
3. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +1:56
4. Enric Mas (Spanyol), Movistar +2:31
5. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Movistar Team +3:28
6. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +3:55
7. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +4:46
8. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +4:57
9. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +5:03
10. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +5:38

Foto: Getty Images


COMMENTS