Jakobsen Menang lagi, Roglic Tetap Merah

Fabio Jakobsen (Deceuninck-QuickStep) menang sprint lagi. Pembalap asal Belanda ini menjadi yang tercepat di Etape 8 La Vuelta a Espana 2021, Sabtu (21/8). Victory ini semakin memanaskan persaingannya dengan Jasper Philipsen (Alpecin-Fenix) di points classification.

Etape 8 merupakan tahapan datar terakhir sebelum La Vuelta a Espana memasuki rest day pertama, Senin (23/8) nanti. Berlangsung di rute sepanjang 173,7 kilometer, peloton start dari Santa Pola menuju La Manga del Mar Menor.
Balapan dibuka dengan aksi breakaway tiga pembalap Spanyol, yakni Aritz Bagues (Caja Rural-Seguros RGA), Ander Okamika (Burgos-BH), dan Mikel Iturria (Euskaltel-Euskadi). Trio ini memimpin dengan gap lebih dari dua menit di sepluh kilometer pertama.

Peloton mulai memanas di sisa 50 kilometer. Mereka meningkatkan kecepatan dan memangkas selisih waktu menjadi kurang dari satu menit. Ketiga pembalap breakaway itu akhirnya tertangkap rombongan besar di 36 kilometer menjelang finis.

Lalu Ineos Grenadiers, Trek-Segafredo, Team DSM, dan Groupama-FDJ berada di garis depan di sisa 20 kilometer. Kecepatan pun makin tinggi di sepuluh kilometer menjelang finis. Sejurus kemudian, tim-tim mulai menata kereta cepatnya.

Saat memasuki kilometer pemungkas, Florian Senechal membuka ruang untuk Jakobsen. Kemudian pembalap 24 tahun itu menerobos di sisa 100 meter dan tidak ada yang bisa menandinginya.
Jakobsen menuntaskan Etape 8 dengan catatan waktu 3 jam 56 menit 5 detik, Alberto Dainese (Team DSM) di posisi kedua. Sementara Philipsen berada di tempat ketiga. "Senang rasanya bisa menang lagi. Tim bekerja sangat bagus hari ini," ungkap Jakobsen selepas finis.

Ini adalah kemenangan kedua untuknya di Vuelta a Espana 2021. Sebelumnya, Jakobsen menang di Etape 4 lalu. Kemenangan ini membawanya kembali ke puncak points classification dengan 180 poin. Unggul 16 angka dari Philipsen. Jakobsen sekaligus merebut jersey hijau dari rider asal Belgia itu.

"Dua tahun lalu saya meraih dua kemenangan di sini. Sekarang saya mengulanginya lagi. Saya sangat senang dan bersyukur berada di sini. Inilah yang akan terus kami lakukan, mencoba untuk memenangkan sprint," ucap Jakobsen.
Hasil Etape 8 tidak berpengaruh ke peringkat pembalap penghuni sepuluh besar General Classification (GC). Primoz Roglic (Jumbo-Visma) masih bertengger di puncak GC dengan keunggulan delapan detik dari Felix Grossschartner (Bora-Hansgrohe).

Roglic akan ditantang untuk mempertahankan tahtanya di Etape 9, Minggu (22/8). Tahapan penutup pekan pertama Vuelta a Espana 2021 ini digelar di rute sepanjang 188 kilometer. Membentang dari Puerto Lumbreras menuju Alto de Velefique.

Terdapat empat tanjakan yang harus ditaklukkan. Satu di antaranya adalah Alto de Velefique, tanjakan hors categorie (HC) sepanjang 13,1 kilometer dengan kemiringan rata-rata 7,2 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 8 La Vuelta a Espana 2021 (Top Ten)
1. Fabio Jakobsen (Belanda), Deceuninck-QuickStep 3 jam 56 menit 5 detik
2. Alberto Dainese (Italia), Team DSM +0
3. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Fenix +0
4. Jordi Meeus (Belgia), Bora-Hansgrohe +0
5. Juan Sebastian Molano (Kolombia), UAE Team Emirates +0
6. Itamar Einhorn (Israel), Israel Start-up Nation +0
7. Arnaud Demare (Prancis), Groupama-FDJ +0
8. Michael Matthews (Australia), Team BikeExchange +0
9. Martin Laas (Estonia), Bora-Hansgrohe +0
10. Piet Allegaert (Belgia), Cofidis +0

General Classification usai 8 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 29 jam 14 menit 40 detik
2. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +8
3. Enric Mas (Spanyol), Movistar +25
4. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Movistar Team +36
5. Jan Polanc (Slovenia), UAE Team Emirates +38
6. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +41
7. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +57
8. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +59
9. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +1:06
10. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +1:22

Foto: Getty Images


COMMENTS