Roglic Rebut Medali Emas Time Trial Olimpiade Tokyo
by - July 28, 2021
Roglic Rebut Medali Emas Time Trial Olimpiade Tokyo
by MainSepeda - July 28, 2021

Primoz Roglic membuat keputusan besar pada 4 Juli lalu. Pembalap asal Slovenia ini tidak start di Etape 9 Tour de France 2021. Berselang lebih dari tiga pekan, Roglic tampil sempurna dan berhasil merebut medali emas di nomor time trial putra Olimpiade Tokyo.

Setelah gagal juara pada musim 2020, Roglic berjuang maksimal agar tampil lebih baik di Tour de France 2021. Ia bahkan tidak berlomba selama dua bulan dan demi menjalani pemusatan latihan bersama tim Jumbo-Visma. Sayang Roglic benar-benar sial tahun ini.

Kecelakaan di Etape 3 membuat tubuhnya penuh luka. Roglic seperti mumi yang ditutup banyak perban. Tidak kuasa menahan sakit membuat Roglic memutuskan angkat kaki dari Tour de France 2021. Pembalap 31 tahun ini tidak start di Etape 9.
Setelah menjalani masa pemulihan, Roglic mulai mempersiapkan diri untuk Olimpiade Tokyo bersama Slovenia. Ia tampil di nomor road race dan time trial putra. Setelah finis ke-28 di disiplin road race, Roglic mengamuk di nomor time trial.

Ujung tombak Jumbo-Visma ini menuntaskan rute sepanjang 44,2 kilometer dengan catatan waktu 55 menit 4 detik. Roglic mengungguli rekan setimnya, Tom Dumoulin (Belanda) serta rider Ineos Grenadiers Rohan Dennis (Australia). Kedua pembalap itu terpaut gap lebih dari satu menit.

"Saya keluar dari kilometer nol, berjuang untuk setiap kilometer, dan saya berhasil mencapai finis. Itu adalah tugas saya dan saya melakukannya dengan baik. Ketika dinyatakan meraih medali emas, saya sangat senang akan hal itu," bilang Roglic seusai lomba.
Medali emas Olimpiade Tokyo menjadi obat pelipur lara untuk Roglic. Roglic memang sedikit kurang hoki musim ini. Selain kisah di Tour de France, ia juga mengalami kecelakaan di Etape 8 Paris-Nice 2021. Insiden tersebut membuatnya kehilangan gelar juara overall.

"Hal-hal sulit yang terjadi kepada saya akhir-akhir ini, akhirnya terbayar. Hari ini saya berhasil memenangkan medali emas dan menjadi juara Olimpiade," ucapnya bangga. "Setiap pencapaian itu istimewa. Medali ini, bagi saya, pasti super-super spesial. Saya sangat senang," imbuhnya.

Sementara itu, juara dunia time trial 2020 Filippo Ganna (Italia) gagal menunjukkan taringnya. Anggota skuad Ineos Grenadiers itu finis kelima dengan selisih 1 menit 5 detik di belakang Roglic. Ganna sempat menjadi yang tercepat di intermediate pertama. Tapi ia kesulitan menaklukkan medan berbukit di akhir lomba. (mainsepeda)

Hasil Men's Road Time Trial (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia) 55 menit 4 detik
2. Tom Dumoulin (Belanda) +1:01
3. Rohan Dennis (Australia)+1:03
4. Stefan Küng (Swiss) +1:04
5. Filippo Ganna (Italia) +1:05
6. Wout van Aert (Belgia)+1:40
7. Kasper Asgreen (Denmark)+1:48
8. Rigoberto Urán (Kolombia)+2:14
9. Remco Evenepoel (Belgia)+2:17
10. Patrick Bevin (Selandia Baru)+2:20

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 52

Foto: UCI Media, Getty Images


COMMENTS