Carapaz Rebut Medali Emas Olimpiade Tokyo

Medali emas di nomor road race putra menjadi milik Richard Carapaz (Ekuador). Pembalap tim Ineos Grenadiers itu menyerang bersama Brandon McNulty (Amerika Serikat) di sisa 26 kilometer. Kemudian melakukan solo ride di 5,7 kilometer menuju finis.

Road race putra berlangsung di rute sepanjang 234 kilometer dengan total elevasi 4.865 meter. Balapan start dimulai dari Musashinonomori Park menuju Fuji Speedway. Terdapat lima tanjakan. Yang terpanjang adalah Fuji Sanroku. Gradiennya 6 persen dan panjang 14,5 kilometer. Mukuni pass juga berat. Panjangnya 6,8 kilometer dan gradien 10,1 persen.

Balapan seharusnya diikuti 130 pembalap dari 57 negara. Namun Simon Geschke (Jerman) dan Michal Schlegel (Republik Ceko) tidak start karena positif Covid-19 dalam tes PCR Jumat (23/7).
Delapan pembalap, termasuk Juraj Sagan (Slovakia) dan Nic Dlamini (Afrika Selatan) melakukan breakaway ketika lomba baru dimulai. Mereka meninggalkan peloton dengan selisih waktu hampir 20 menit di sisa 161 kilometer.

Kecelakaan besar terjadi ketika balapan menyisakan 155 kilometer. Sejumlah pembalap tersungkur di tanjakan Doushi Road. Termasuk dua pembalap tim Britania Raya (Team GB), yakni Tao Geoghegan Hart dan Geraint Thomas. Kecelakaan ini membuat dua rider Ineos Grenadiers itu tidak bisa melanjutkan balapan.

Kelompok breakaway tersisa lima pembalap di depan di sisa 130 kilometer. Semuanya baru tertangkap peloton saat akan menanjak di Mikuni Pass. Lalu Tadej Pogacar (Slovenia), Michael Woods (Kanada), Brandon McNulty (Amerika Serikat), dan Wout Van Aert (Belgia) mulai berakselerasi di sisa 37,4 kilometer.
Setelah berhasil bergabung dengan grup terdepan, Carapaz menyerang bersama McNulty di sisa 26 kilometer. Dua pembalap ini memimpin hingga 10 kilometer terakhir. Carapaz bermanuver sendirian di sisa 5,7 kilometer. Aksi rider 28 tahun ini tak terbendung.

Carapaz berhasil finis pertama dan merebut medali emas. Ia menyelesaikan balapan ini dengan catatan waktu 6 jam 5 menit 26 detik. Van Aert dan Pogacar finis kedua dan ketiga dengan selisih lebih dari satu menit. Van Aert meraih perak dan Pogacar mendapatkan medali perunggu.

"Ini momen yang luar biasa bagi saya," kata Carapaz kepada AFP setelah merebut emas Olimpiade. "Anda harus selalu percaya. Saya telah bekerja sangat keras untuk berada di sini dan ini adalah momen besar bagi saya," terang juara Giro d'Italia 2019 ini.
Hasil road race putra Olimpiade Tokyo menahbiskan Van Aert sebagai spesialis runner-up. Sebelumnya, rider tim Jumbo-Visma itu juga menempati posisi dua di nomor road race dan individual time trial di Kejuaraan Dunia Road 2020.

"Saya senang karena bisa memberikan medali. Saya pikir saya ini adalah hasil terbaik, meski saya sebenarnya bisa menjadi pemenang. Saya tahu bagian setelah Mikuni Pass akan sulit. Sementara Carapaz sangat-sangat kuat. Ia pantas menang," aku Van Aert. (mainsepeda)

Hasil Men's Road Race (Top Ten)
1. Richard Carapaz (Ekuador) 6 jam 5 menit 26 detik
2. Wout van Aert (Belgia) +1:07
3. Tadej Pogacar (Slovenia) +1:07
4. Bauke Mollema (Belanda) +1:07
5. Michael Woods (Kanada) +1:07
6. Brandon McNulty (Amerika Serikat) +1:07
7. David Gaudu (Prancis) +1:07
8. Rigoberto Uran (Kolombia) +1:07
9. Adam Yates (Britania Raya) +1:07
10. Max Schachmann (Jerman) +1:21

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 51

Foto: Getty Images, Cor Vos


COMMENTS