Jakobsen Menang lagi setelah Kecelakaan di Polandia
by - July 22, 2021
Jakobsen Menang lagi setelah Kecelakaan di Polandia
by MainSepeda - July 22, 2021

Masih ingat dengan Fabio Jakobsen? Ia adalah member Deceuninck-QuickStep yang mengalami insiden horor di Tour de Pologne 2020. Jakobsen menang lagi setelah hampir setahun setelah kecelakaan itu. Ia finis pertama di Etape 2 Tour de Wallonie 2021.

Jakobsen mengalami kecelakaan mengerikan saat beradu sprint dengan Dylan Groenewegen (Jumbo-Visma) di Katowice. Ia terpelanting ke aspal dan sempat membentur pagar pembatas. Pembalap asal Belanda tersebut mengalami luka serius. Bahkan sempat koma.

Jakobsen harus menepi selama beberapa bulan untuk memulihkan lukanya. Sementara Groenewegen dihukum oleh Union Cycliste Internationale (UCI). Setelah delapan bulan, ia tampil lagi di Tour of Turkey pada April lalu. Jakobsen memang tak menang. Tapi inilah momen yang sudah dinantikan sejak lama.

Seusai menuntaskan balapan di Turki, Jakobsen diturunkan di Volta ao Algarve dan Critérium du Dauphiné. Ia juga sempat berpartisipasi di kejuaraan nasional Belanda.

Setelah menunggu selama hampir setahun, kemenangan itu akhirnya datang lagi. Sprinter 24 tahun tersebut finis pertama di Etape 2 Tour de Wallonie 2021, Rabu (21/7) malam waktu Indonesia. Jakobsen menyelesaikan race sepanjang 120 kilometer di Zolder dengan catatan waktu 2 jam 34 menit 42 detik.

"Ini merupakan comeback yang cukup lama. Menang lagi setelah kecelakaan itu adalah momen emosional bagi saya. Terutama karena keluarga saya juga ada di sini. Mereka bisa melihat saya melakukan apa yang sangat saya cintai dan meraih kemenangan," ucap Jakobsen seusai lomba.

Jakobsen mengalahkan Fernando Gaviria (UAE Team Emirates) dan Amaury Capiot (Arkea-Samsic). Victory ini datang sehari setelah Groenewegen memenangkan Etape 1 di Heron.

"Beberapa bulan terakhir ini telah menjadi proses di mana saya membuat langkah demi langkah. Menghadapi beberapa kemunduran, kadang-kadang. Tapi saya terus berjuang dan percaya pada diri sendiri. Saya sudah menang beberapa kali sebelum hari ini. Tapi bisa sprint dan menang lagi hari ini adalah kelegaan besar bagi saya," ungkap Jakobsen dalam laman resmi tim.

Sementara itu, Tour de Wallonie 2021 adalah agenda UCI ProSeries yang berlangsung dalam lima etape. Event ini berlangsung di Belgia pada 20-24 Juli. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 51

Foto: Getty Images


COMMENTS