Politt Menang, Bora-Hansgrohe Unggul Meski Tanpa Sagan

Bukan Peter Sagan yang memberikan kemenangan untuk Bora-Hansgrohe di Tour de France musim ini. Sagan sudah out karena cedera kaki. Mundurnya Sagan terobati dengan keberhasilan Nils Politt finis pertama di Etape 12, Kamis (8/7).

Setelah habis-habisan di Etape 11, di mana para pembalap harus nanjak ke Mont Ventoux hingga dua kali, kini mereka bisa sedikit bersantai di Etape 12. Tahapan ini menyuguhkan medan flat sepanjang 159,4 kilometer. Peloton bergerak dari Saint-Paul-Trois-Châteaux menuju Nîmes.

Seketika 13 pembalap langsung memisahkan diri tak lama setelah start. Tak ada reaksi dari peloton. Kelompok breakaway ini dibiarkan melaju meninggalkan rombongan besar hingga gap lebih dari 14 menit. Juara dunia Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep) berada di kelompok ini.

Selain pembalap kebanggan Prancis itu, ada pula dua rider kawakan, yaitu Edvald Boasson Hagen (TotalEnergies) dan André Greipel (Israel Start-Up Nation).

Kelompok breakaway ini baru pecah di 40 kilometer menjelang finis. Ada empat pembalap yang memisahkan diri, yakni Stefan Kung (Groupama-FDJ), Nils Politt (Bora-Hansgrohe), Harry Sweeny (Lotto Soudal), dan Imanol Erviti (Movistar). Mereka meninggalkan grup kedua dengan gap setengah menit.

Politt mulai menyerang di 11 kilometer pemungkas. Meninggalkan ketika pesaingnya itu dengan gap lebih dari 30 detik. Pollitt tak terbendung. Ia finis pertama dengan catatan waktu 3 jam 22 menit 12 detik. Erviti dan Sweeny di posisi kedua dan ketiga dengan selisih 31 detik.

Kemenangan di Etape 12 Tour de France 2021 menjadi prestasi tertinggi bagi pembalap asal Jerman tersebut. Politt sekaligus memberi sokongan semangat untuk Bora-Hansgrohe yang baru saja ditinggalkan Peter Sagan. Superstar asal Slovakia ini memutuskan out sebelum dimulainya Etape 12.

Sulit dipercaya. Memenangkan satu etape di Tour de France tak ubahnya seperti mimpi. Hari ini kami harus memutuskan bahwa Peter, karena masalah lututnya, harus meninggalkan balapan sehingga sedikit mengubah taktik," ungkap Politt seusai lomba.

Politt menceritakan, ketika memutuskan bergabung dengan kelompok breakaway, ia tahu bahwa ada banyak pembalap kuat yang menjadi pesaingnya. Oleh sebab itu, Politt berinisiatif untuk melancarkan serangan dini. Ia beserta tiga pembalap lainnya melepaskan diri di sisa 40 kilometer.

Kemudian ia mendapatkan instruksi untuk tancap gas setelah tanjakan terakhir, sekitar 12 kilometer menjelang finis. "Saya melakukannya lagi. Saya menyerang dan memperlebar jarak. Kemudian menjadi solo hingga mencapai finis. Ini adalah kemenangan terbesar yang dapat Anda miliki," jelasnya.

Hasil Etape 12 tidak berpengaruh ke posisi pembalap di sepuluh besar General Classification (GC). Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) masih berada di puncak. Ia dikuntit Rigoberto Uran (EF Education-Nippo) dan Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma). (mainsepeda)

Hasil Etape 12 Tour de France 2021 (Top Ten)
1. Nils Politt (Jerman), Bora-Hansgrohe 3 jam 22 menit 12 detik
2. Imanol Erviti (Spanyol), Movistar +31
3. Harry Sweeny (Australia), Lotto Soudal +31
4. Stefan Küng (Swiss), Groupama-FDJ +1:58
5. Luka Mezgec (Slovenia), Team BikeExchange 2:06
6. André Greipel (Jerman), Israel Start-up Nation +2:06
7. Edward Theuns (Belgia), Trek-Segafredo +2:06
8. Brent Van Moer (Belgia), Lotto Soudal +2:06
9. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +2:06
10. Sergio Henao (Kolombia), Qhubeka-NextHash +2:06

General Classification usai 12 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 47 jam 22 menit 43 detik
2. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +5:18
3. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +5:32
4. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +5:33
5. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroën +5:58
6. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +6:16
7. Alexey Lutsenko (Kazakhstan), Astana-Premier Tech +6:30
8. Enric Mas (Spanyol), Movistar +7:11
9. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +9:29
10. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +10:28

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 49

Foto: Getty Images


COMMENTS