Menang Lagi, Cavendish Dekati Rekor Merckx

Comeback luar biasa Mark Cavendish (Deceuninck-QuickStep) di Tour de France 2021 berlanjut ketika pembalap asal Inggris ini memenangkan Etape 6, Kamis (1/7). Ini merupakan victory ke-32 ajang di Tour de France. Serta yang ke-50 di Grand Tour. Cavendish kini berjarak dua kemenangan dengan rekor Eddy Merckx di Prancis.

Rute di Etape 6 memang santapan empuk untuk para sprinter. Peloton bergerak dari Tours menuju Châteauroux. Total jaraknya 160,6 kilometer. Hanya ada satu tanjakan Kategori 4 sepanjang 2,2 kilometer di Cote de Saint-Aignan. Sisanya didominasi medan datar.

Cavendish naik podium lagi setelah setelah menang sprint di Châteauroux. Pembalap 36 tahun itu menyelesaikan etape ini dengan catatan waktu 3 jam 17 menit 36 detik. Manxman mengungguli Jasper Philipsen (Alpecin-Fenix) dan Nacer Bouhanni (Arkea-Samsic). Ini adalah kemenangan ketiganya di Châteauroux setelah 2008 dan 2011.

"Ada karakter yang berbeda tiap kali kami finis di sini. Pada 2008 sedikit menanjak, saya pikir itu lebih jauh. Lalu pada 2011 jaraknya pendek dan masih sedikit menanjak. Kini sudah sepuluh tahun sejak saya terakhir menang di sini. Jadi kemenangan ini cukup istimewa," ungkap Cavendish selepas lomba.

Etape 6 dibuka dengan aksi breakaway delapan pembalap. Termasuk Thomas De Gendt (Lotto Soudal), Greg Van Avermaet (AG2R Citroën), Kasper Asgreen (Deceuninck–QuickStep), dan Soren Kragh Andersen (Team DSM).

Satu per satu pembalap terdepan akhirnya kembali ke peloton. Hingga tersisa Roger Kluge (Lotto–Soudal) dan Van Avermaet di sisa 45 kilometer. Pasangan ini baru tertangkap rombongan besar di sisa 2,5 kilometer.

Kemudian tim-tim mulai mempersiapkan kereta cepatnnya. Menempatkan para sprinter di baris terdepan untuk adu cepat di kilometer pemungkas. Deceuninck-QuickStep dan Alpecin-Fenix tancap gas. Mereka memimpin di sisa 600 meter.
Tim Merlier (Alpecin-Fenix) mengawali sprint di sisa 300 meter. Membuka ruang untuk Jasper Philipsen. Tapi Cavendish yang bergerak dari sisi kanan, berhasil menyalip kedua pembalap Belgia itu dan menjadi yang pertama mencapai garis finis.

Cavendish harus berterima kasih kepada kereta cepat Deceuninck-QuickStep yang membawanya ke posisi yang pas di kilometer final. "Sebenarnya caranya hampir sama. Kami berbicara tentang apa yang harus dilakukan di kilometer final karena ada begitu banyak tim sprint yang kuat di sini," ungkapnya.

Kemenangan ini merupakan yang ke-32 bagi Cavendish di Tour de France. Cavendish makin dekat dengan rekor milik legenda balap sepeda Eddy Merckx, yakni 35 kemenangan di balapan terbesar di dunia itu.

Hasil ini memastikan Cavendish mempertahankan green jersey. Sementara Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) masih duduk manis di General Classification (GC). Pembalap asal Belanda itu akan mengenakan jersey kuning di Etape 7, Jumat (2/7) nanti.

Selanjutnya, pembalap harus menaklukkan medan sepanjang 249,1 kilometer dari Vierzon ke Le Creusot. Inilah etape terpanjang di Tour de France 2021 sekaligus yang terpanjang dalam 21 tahun terakhir. Panggung ini dinilai cocok untuk Van der Poel dan Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep).

"Saya pikir besok akan menjadi etape yang sulit. Kesenjangannya tidak terlalu besar. Jadi pasti beberapa orang akan melaju untuk GC," ungkapnya. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 Tour de France 2021 (Top Ten)
1. Mark Cavendish (Inggris), Deceuninck-QuickStep 3 jam 17 menit 36 detik
2. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Fenix +0
3. Nacer Bouhanni (Prancis), Arkea-Samsic +0
4. Arnaud Demare (Prancis), Groupama-FDJ +0
5. Peter Sagan (Slovakia), Bora-Hansgrohe +0
6. Cees Bol (Belanda), Team DSM +0
7. Tim Merlier (Belgia), Alpecin-Fenix +0
8. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +0
9. Michael Matthews (Australia), Team BikeExchange +0
10. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +0

General Classification usai 6 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix 20 jam 9 menit 17 detik
2. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +8
3. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +30
4. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +48
5. Alexey Lutsenko (Kazakhstan), Astana-Premier Tech +1:21
6. Pierre Latour (Prancis), TotalEnergies +1:28
7. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +1:29
8. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +1:43
9. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +1:44
10. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +1:48

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 48

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, ASO


COMMENTS