Criterium du Dauphine 2018 – Etape 5
Dan Martin Menang, Ganggu Dominasi Team Sky
by - June 08, 2018

Satu lagi etape gunung, satu lagi ending seru di Criterium du Dauphine 2018. Pada Etape 5 yang berakhir di tanjakan hors categorie Valmorel, Jumat, 8 Juni, persaingan berebut juara overall “pecah.” Bintang UAE Team Emirates asal Irlandia, Dan Martin, mampu menang meyakinkan, mengganggu dominasi Team Sky.

Profil Etape 5 Criterium du Dauphine.

Martin tancap gas dari kelompok unggulan dengan hanya 2 dari total 130,5 km tersisa. Dia tak terkejar, dan akhirnya menang 4 detik atas Geraint Thomas, andalan terakhir Team Sky.

Dengan hasil ini, Martin memang masih belum masuk barisan sepuluh besar general classification (GC). Gara-gara performa buruk timnya saat team time trial. Namun, ulahnya tancap gas membuat kelompok unggulan terpecah-pecah, mengacak besar top ten GC.

Dan Martin (UAE Team Emirates) menang di Etape 5 Criterium du Dauphine. Meski belum masuk 10 besar GC namun mampu mengacak top ten GC.

Sekarang, Thomas masih memimpin GC untuk Team Sky, dan akan menjadi pembalap Team Sky ketiga mengenakan yellow jersey di lomba ini (setelah Michal Kwiatkowski dan Gianni Moscon). Tapi, Team Sky tidak lagi menguasai tiga besar.

Geraint Thomas (Team Sky) menjadi pembalap Team Sky ketiga yang mengenakan yellow jersey di Criterium du Dauphine.

Damiano Caruso (BMC) yang finis ketujuh di Etape 5 berhasil menempati urutan dua GC. Catatan waktunya sama dengan Gianni Moscon, 1 menit dan 9 detik di belakang Thomas.

Dengan dua etape masih tersisa, memang kans Thomas untuk menang masih paling besar. Tapi, Team Sky tidak lagi punya opsi strategi. Pada dua etape penutup yang semua berakhir di tanjakan, seluruh tenaga tim harus difokuskan untuk melindungi yellow jersey Thomas.

Di dua etape tersisa, Team Sky harus benar-benar melindungi Geraint Thomas apabila ingin memenangkan Criterium du Dauphine.

Sementara itu, Dan Martin sudah sangat puas dengan kemenangan etape ini. Walau kansnya untuk jadi juara Criterium du Dauphine masih sangat kecil. Kata dia, hasil ini adalah indikasi baik, bahwa dia siap meraih hasil baik di Tour de France, Juli nanti. Ini menghapus kekhawatiran, setelah tak kunjung meraih hasil baik di awal tahun.

“(Mungkin) ini karena situasi bersama tim baru. Masih proses belajar. Saya senang. Saya telah finis kedua di begitu banyak etape Dauphine sebelum ini. Juga di Tour de France. Begitu banyak urutan kedua. Saya belum memenangi banyak lomba, jadi meraih kemenangan ini sangatlah spesial,” tuturnya.

Martin menambahkan, kemenangan ini adalah bukti latihannya berbuah hasil. “Saya lebih baik berada dalam posisi seperti ini daripada dalam posisi sulit, khawatir, menghadapi Tour (de France),” tandasnya.

Etape 6 Dauphine, Sabtu, 9 Juni, bakal menjadi etape yang menarik dari start hingga finis. Etape ini tergolong pendek, hanya 110 km, dan memiliki empat tanjakan berat. Dua hors categorie (terberat), satu kategori 2, dan satu kategori 1. (mainsepeda)

 

Hasil Etape 5 Criterium du Dauphine 2018 (Top Ten)

1. Dan Martin (Irlandia), UAE Team Emirates 3 jam 21 menit 19 detik

2. Geraint Thomas (Inggris), Team Sky + 4 detik

3. Adam Yates (Inggris), Mitchelton-Scott + 15 detik

4. Emanuel Buchmann (Jerman), Bora-Hansgrohe + 16 detik

5. Daniel Navarro (Spanyol), Cofidis, Solutions Credits + 16 detik

6. Romain Bardet (Prancis), AG2R La Mondiale + 16 detik

7. Damiano Caruso (Italia), BMC + 24 detik

8. Ilnur Zakarin (Rusia), Katusha-Alpecin + 24 detik

9. Guillaume Martin (Prancis), Wanty-Groupe Gobert + 26 detik

10. Antwan Tolhoek (Belanda), LottoNL-Jumbo + 26 detik

 

General Classification setelah 5 Etape + Prologue

1. Geraint Thomas (Inggris), Team Sky 17 jam 16 menit 53 detik

2. Damiano Caruso (Italia), BMC + 1 menit 9 detik

3. Gianni Moscon (Italia), Team Sky + 1:09

4. Julian Alaphilippe (Prancis), Quick-Step Floors + 1:10

5. Michal Kwiatkowski (Polandia), Team Sky + 1:15

6. Adam Yates (Inggris), Mitchelton-Scott + 1:18

7. Romain Bardet (Prancis), AG2R La Mondiale + 1:53

8. Bob Jungels (Luksemburg), Quick-Step Floors + 2:03

9. Marc Soler (Spanyol), Movistar + 2:10

10. Emanuel Buchmann (Jerman), Bora-Hansgrohe + 2:23

 

foto : bettini photo, cyclingnews

 


COMMENTS