Kron Menang, Van der Poel Out, Carapaz Tetap Kuning

Andreas Kron (Lotto Soudal) memenangkan Etape 6 Tour de Suisse 2021, Jumat (11/6) malam. Ia sebenarnya finis kedua di belakang Rui Costa (UAE Team Emirates). Tapi kemenangan pembalap asal Portugal itu dibatalkan karena sprint yang tidak teratur menjelang finis.

Etape 6 merupakan tahapan mountain stage di Tour de Suisse 2021. Para pembalap melaju dari Fiesch menuju Disentis-Sedrun. Total jaraknya 162 kilometer. Peloton menghadapi dua takjakan Kategori 1 di Gotthardpass dan di Lukmanierpass.

Sebelum balapan dimulai, tim Alpecin-Fenix mengumumkan bahwa mereka menarik Mathieu van der Poel karena flu ringan. Rider asal Belanda itu tak mau mengambil risiko karena ia masih memiliki tujuan besar, yakni Tour de France dan Olimpiade Tokyo.

Van der Poel tak sendirian. Ada lima pembalap lainnya yang memutuskan tidak start di Etape 6. Dari lima sosok itu, empat di antaranya berasal dari Team BikeExchange. Tim asal Australia ini menjelaskan bahwa keempat rider itu mengalami masalah gastroenteritis (muntaber) sehingga harus beristirahat selama beberapa hari.

Julian Alaphilippe memimpin kelompok breakaway

Dalam lomba ini, kelompok breakaway baru terbentuk setelah nanjak di Gotthardpass. Ada empat nama di grup terdepan, yakni Marc Soler (Movistar), Antonio Nibali (Trek-Segafredo), Mattia Cattaneo, dan Julian Alaphilippe. Dua nama terakhir berasal dari tim Deceuninck-QuickStep. Mereka memimpin hingga 60 kilometer terakhor.

Kemudian lebih dari 20 pembalap bergabung dengang kelompok breakaway saat akan nanjak di Lukmanierpass. Tapi kelompok ini terpecah di 44 kilometer akhir dengan David de la Cruz (UAE Team Emirates) di baris terdepan. Rider asal Spanyol ini baru terkejar di sisa enam kilometer.

Rui Costa, Kron, dan Hermann Pernsteiner (Bahrain Victorious) mengambil kendali kelompok terdepan. Ketiganya beradi sprint Disentis Sedrun. Haislnya, Rui Costa menjadi yang pertama malintasi garis finis. Akan tetapi, karena sprint yang tidak beraturan, ia diturunkan ke posisi kedua. Kron dinyatakan sebagai pemenang etape ini.

Ini adalah kemenangan kedua untuk pembalap asal Denmark itu pada musim ini. Sebelumnya, Kron memenangkan Etape 1 Volta Ciclista a Catalunya. "Kami dapat mengatakan bahwa juri telah mengambil keputusan dan saya percaya juri. Saya pemenangnya dan saya senang untuk itu," kata Kron.

Sementara itu, Rochard Carapaz (Ineos Grenadiers) tetap memimpin General Classification (GC). Pembalap asal Ekuador tersebut akan mengenakan jersey kuning dalam lomba time trial di Etape 7, Sabtu (12/6). Balapan berlangsung di rute sepanjang 23,2 kilometer dari Disentis-Sedrun menuju Andermatt.

"Ini adalah time trial yang sulit. Naik turun. Agak aneh. Tapi kami akan melakukan yang terbaik. Kami datang ke sini dengan tujuan untuk hasil yang baik. Saya pikir parcours ini adalah salah satu yang cocok untuk saya, dan kami di sini untuk berjuang untuk menang," terang Carapaz dalam laman resmi tim. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 Tour de Suisse 2021 (Top Ten)
1. Andreas Kron (Denmark), Lotto Soudal 3 jam 14 menit 52 detik
2. Rui Costa (Portugal), UAE Team Emirates +0
3. Hermann Pernsteiner (Austria), Bahrain Victorious +1
4. Gonzalo Serrano (Spanyol), Movistar +3
5. Pierre Latour (Prancis), Total Direct Energie +3
6. Hugo Houle (Kanada), Astana-Premier Tech +3
7. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Education-Nippo +3
8. Antwan Tolhoek (Belanda), Jumbo-Visma +3
9. Matteo Fabbro (Italia), Deceuninck-QuickStep +50
10. Andreas Leknessund (Norwegia), Team DSM +1.00

General Classification usai 6 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers 20 jam 31 detik
2. Jakob Fuglsang (Denmark), Astana-Premier Tech +26
3. Max Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +38
4. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +53
5. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +1:11
6. Michael Woods (Kanada), Israel Start-up Nation +1:32
7. Sam Oomen (Belanda) Jumbo-Visma +2:19
8. Esteban Chaves (Kolombia), Team BikeExchange +2:22
9. Domenico Pozzovivo (Italia), Qhubeka Assos +3:10
10. Rui Costa (Portugal), UAE Team Emirates +3:37

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 45

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS