Ian Boswell Juara Unbound Gravel 2021
by - June 06, 2021
Ian Boswell Juara Unbound Gravel 2021
by MainSepeda - June 06, 2021

Mantan pembalap Team Sky asal Amerika, Ian Boswell, meraih salah satu kemenangan terbesar dalam hidupnya. Pada Sabtu, 5 Juni, ia menjadi juara Unbound Gravel 2021 (Dirty Kanza) setelah menang adu sprint melawan eks pembalap WorldTour lain, Laurens Ten Dam.

Boswell menuntaskan rute kejam sepanjang 331 km itu dalam waktu hanya 10 jam, 18 menit, dan 35 detik.

Angin kencang menjadi tantangan utama di Unbound Gravel tahun ini. Head wind alias angin dari depan selalu menjadi beban ekstra di hampir sepanjang rute. Karena itu, barisan jagoan di depan pun memutuskan untuk bekerja sama, tidak mencoba saling merontokkan.

Dengan sekitar separo jarak masih harus dijalani, hanya tujuh pembalap tersisa di barisan terdepan. Yaitu juara bertahan Colin Stickland, lalu Peter Stetina, Robin Carpenter, Eric Marcotte, Ted King, Boswell, dan Ten Dam.

Kelompok mengecil hingga lima orang di sisa 100 km. Menjelang finis hanya sisa empat. Stetina mencoba lari sendirian, tapi ditangkap oleh trio Boswell, Ten Dam, dan King. Kemudian, hanya dua tersisa, dan Boswell menang sprint melawan Ten Dam.

Boswell mengaku terkejut bisa menang. "Jujur, saya terkejut. Sudah begitu lama saya tidak memenangi lomba," ujarnya.

Ini adalah kali pertama Boswell turun di kawasan Flint Hills yang kejam di Kansas. Ia tidak punya ekspektasi apa-apa. Tapi di akhir lomba, Boswell sudah tahu bahwa kemenangan bakal diperebutkan olehnya dan Ten Dam. "Saya datang ke sini untuk meraih hasil baik, tapi tidak ada beban tambahan," tegasnya.

Di barisan elite ini, kecelakaan besar sempat menipiskan daftar pesaing di awal lomba. Quinn Simmons, mantan juara dunia U18 andalan Trek-Segafredo, sampai harus dibawa ke rumah sakit karena luka cukup parah pada lututnya.

Sementara itu, di kategori perempuan, Lauren De Crescenzo berhasil menjadi juara. Melaju sendirian mengalahkan juara bertahan Amity Rockwell. Ini adalah pembalasan manis, karena pada 2019 De Crescenzo gagal finis dan mengalami patah bahu karena kecelakaan.

Kemenangan ini juga hadiah pernikahan istimewa. Baru Minggu lalu, De Crescenzo menikah dengan Jim Snitzer. "Sekarang kami berdua di Kansas dan ini adalah bulan madu terbaik," ucapnya.

De Crescenzo mencatat waktu 12 jam, 6 menit, dan 49 detik. Ini 5,5 menit di depan Rockwell. "Saya sangat suka dengan sulitnya balapan gravel. Ini ujian seberapa hebat Anda, bukan sekadar seberapa fit," pungkasnya. (mainsepeda) 

Hasil Unbound Gravel 2021 (200 Mil)

Laki-laki
1. Ian Boswell 10 jam 18 menit 35 detik
2. Laurens Ten Dam
3. Peter Stetina
4. Ted King
5. Colin Strickland 

Perempuan
1. Lauren De Crescenzo 12 jam 6 menit, 49 detik
2. Amity Rockwell
3. Emily Newsom
4. Whitney Allison
5. Shayna Powless

Foto: Emka Satya/DBL Indonesia dan Twitter Unbound Gravel

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 44


Audionya bisa didengarkan di sini


COMMENTS