Valverde Menang, Lutsenko Rebut Jersey Kuning

Akhirnya jersey kuning di Criterium du Dauphine 2021 berpindah tangan. Simbol pemuncak General Classification (GC) itu kni menjadi milik Alexey Lutsenko (Astana-Premier Tech). Sementara itu, pembalap kawakan Alejandro Valverde (Movistar) memenangkan Etape 6, Jumat (4/6).

Musim ini ditengarai sebagai tahun terakhir Valverde di balap sepeda WorldTour. Pembalap asal Spanyol itu tak lagi muda. Sudah 41 tahun. Ia adalah pembalap paling senior di peloton musim ini. Meski demikian, bukan berarti Valverde sudah habis.

Pada awal April lalu, sebelum ulang tahunnya ke-41, Valverde memenangkan Gran Premio Miguel Indurain 2021. Kemudian ia mendapatkan kemenangan kedua musim ini di Etape 6 Criterium du Dauphine 2021, Jumat malam.

Profil rute Etape 6 Criterium du Dauphine 2021

Etape ini dimulai dari Loriol-sur-Drome menuju Le Sappey-en-Chartreuse. Total jaraknya 167,2 kilometer. Sekitar dua pertiga medannhya didominasi rute flat. Kemudian pembalap menghadapi empat tankakan di sepertiga akhir.

Para pembalap harus mendaki sejauh tiga kilometer dengan gradien enam persen untuk menggapai titik finis di Le Sappey-en-Chartreuse. Di sinilah Valverde mengunci kemenangannya. Juara dunia 2018 itu mengalahkan rider tim Ineos Grenadiers Tao Geoghegan Hart.

Valverde menyelesaikan tahapan ini dengan catatan waktu 3 jam 52 menit 53 detik. Geoghegan Hart finis kedua dan Patrick Konrad (Bora-Hansgrohe) menempati posisi ketiga. "Saya sangat senang karena bisa menang di usia 41 tahun," ucap Valverde seusai lomba.

"Pertama-tama saya harus berterima kasih kepada tim saya yang telah bekerja luar biasa sepanjang minggu. Untuk bagian terakhir, Superman Lopez menawarkan bantuan untuk menarik saya, dan saya mengiyakan. Sejujurnya saya harus berterima kasih padanya karena ia melakukan pekerjaan yang luar biasa," imbuhnya.

Setelah dikawal oleh Superman Lopez, sebutanm Miguel Ángel Lopez, Valverde berhasil mengejar Geoghegan Hart dan menyalip juara Giro d'Italia 2020 tersebu di beberapa meter menjelang finis. "Geoghegan Hart membuka diri dengan sangat kuat, dan saya melihat (Geraint) Thomas memiliki celah darinya. Jadi saya tidak ragu-ragu. Saya harus pergi," jelasnya.

Hasil Etape 6 langsung mengubah komposisi GC. Kini jersey kuning menjadi milik Lutsenko. Ia berada di puncak dengan selisih delapan detik dari rekan setimnya Ion Izagirre. "Bagi saya, ini sangat spesial. Saya sangat senang mengambil jersey kuning karena itulah tujuannya hari ini," katanya dalam laman resmi tim.

Selanjutnya, Etape 7 Criterium du Dauphine 2021 akan start dari Saint-Martin-le-Vinoux menuju La Plagne. Total jaraknya 171,1 kilometer. Tahapan ini akan membawa pembalap mendaki di empat tanjakan. Dua di antaranya tergolong tanjakan Hors catégorie (HC). Yakni di Col du Pre dan La Plagne.

"Saya telah bekerja banyak sejauh ini dan besok adalah hari yang sulit. Pendakiannya lebih lama tetapi saya akan berjuang untuk mempertahankan jersey kuning. Selain itu, kami juga memiliki Ion Izagirre tepat di belakang saya. Sehingga kami memiliki kartu yang bagus untuk dimainkan," bilang Lutsenko. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 Criterium du Dauphine 2021 (Top Ten)
1. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar 3 jam 52 menit 53 detik
2. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +0
3. Patrick Konrad (Austria), Bora-Hansgrohe +0
4. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +0
5. Enric Mas (Spanyol), Movistar +0
6. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +0
7. Alexey Lutsenko (Kazakhstan), Astana-Premier Tech +0
8. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +0
9. Ben Hermans (Belgia), Israel Start-up Nation +0
10. Steven Kruijswijk (Belanda), Jumbo-Visma +0

General Classification usai 6 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Alexey Lutsenko (Kazakhstan), Astana-Premier Tech 20 jam 52 menit 16 detik
2. Ion Izagirre (Spanyol), Astana-Premier Tech +8
3. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +12
4. Geraint Thomas (Ingris), Ineos Grenadiers +13
5. Ilan Van Wilder (Belgia), Team DSM +13
6. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +15
7. Patrick Konrad (Austria), Bora-Hansgrohe +27
8. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +34
9. Steven Kruijswijk (Belanda), Jumbo-Visma +39
10. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Movistar +42

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 44

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS