Volta a Catalunya 2021 - Etape 7 (Habis)
Yates Juara Overall, Ineos Grenadiers Kuasai Podium
by - March 28, 2021

Ineos Grenadiers mengantarkan Adam Yates menjuarai Volta a Catalunya 2021. Tak cuma itu saja, tim kaya raya asal Inggris tersebut juga dominan dengan menempatkan Richie Porte dan Geraint Thomas di peringkat kedua dan ketiga di klasemen akhir General Classification (GC).

Sejak finis pertama di puncak Vallter 2000 di Etape 3 pada 23 Maret lalu, Adam Yates selalu berada di puncak GC dan tidak tergoyahkan. Saudara kembar Simon Yates itu berhasil mempertahankan kedudukannya hingga Etape 7, Minggu (28/3) malam.
Pria 28 tahun tersebut mencatat rekor sebagai pembalap Inggris pertama yang memenangkan Volta a Catalunya sejak Robert Millar pada 1985 lampau. Yates mengatakan, kemenangannya di Spanyol adalah buah kerja keras seluruh tim Ineos Grenadiers.

"Hari ini terasa sangat istimewa," kata Yates seusai balapan. "Kami memang datang ke sini dengan ambisi besar. Akan tetapi, mendapatkan tiga teratas di podium jauh di luar ekspektasi kami," imbuhnya.

Yates baru begabung dengan Ineos Grenadiers musim ini. Sebelumnya, ia memperkuat Mitchelton-Scott (Team BikeExchange) selama kurang lebih tujuh tahun. Setelah kontraknya habis pada akhir 2020, Yates memutuskan pulang ke Inggris untuk bergabung dengan Ineos Grenadiers.

Pembalap berjuluk The Shadow tersebut memulai musim 2021 dengan balapan di UAE Tour. Sebagai pemenang edisi tahun lalu, Yates ingin mempertahankan gelar di UAE. Sayang niat itu tak terkabul. Ia hanya finis di posisi kedua, Sementara gelar juara digondol Tadej Pogacar (UAE Team Emirates).

"Dua tahun lalu saya nyaris menang di Volta a Catalunya. Namun saya melewatkan kesempatan itu. Sekarang saya telah kembali dan berhasil menjuarainya. Kemenangan ini lebih istimewa melihat dua rekan satu tim saja di podium kedua dan ketiga," ucapnya bangga.

Sementara itu, Thomas De Gendt (Lotto Soudal) memenangkan Etape 7, Minggu malam. Pembalap senior asal Belgia itu melahap rute sejauh 133 kilometer di Barcelona dengan catatan waktu 3 jam 6 menit 10 detik. Ini adalah kemenangan kelima sepanjang partisipasinya di Volta a Catalunya.

De Gendt unggul 22 detik atas Matej Mohoric (Bahrain Victorious) yang finis di urutan kedua. Sedangkan Attila Valter (Groupama-FDJ) menduduki ranking ketiga dengan selisih lebih dari satu menit. "Ini adalah kemenangan yang sangat berbeda podium pertama saya pada 2013. Tapi, selalu bagus untuk menang di sini," ungkapnya.

Pembalap 34 tahun itu telah turun di tiga event musim ini. Sebelum balapan di Catalan, ia ambil bagian di UAE Tour dan Paris-Nice. De Gendt melalui kedua event tersebut tanpa mendapatkan satu kemenangan pun. "Saya suka balapan ini, medannya, etapenya. Setiap tahun saya mencoba datang ke sini," bilangnya. (mainsepeda)

Hasil Etape 7 Volta a Catalunya 2021 (Top Ten)
1. Thomas De Gendt (Belgia), Lotto Soudal 3 jam 6 menit 10 detik
2. Matej Mohoric (Slovenia), Bahrain Victorious +22
3. Attila Valter (Hungaria), Groupama-FDJ +1:42
4. Sébastien Reichenbach (Swiss), Groupama-FDJ +1:46
5. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +1:46
6. Michael Woods (Kanada), Israel Start-up Nation +1:46
7. Marc Hirschi (Swiss), UAE Team Emirates +1:46
8. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +1:46
9. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +1:46
10. Clément Champoussin (Prancis), AG2R Citroën +1:46

Final General Classification (Top Ten)
1. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers 26 jam 16 menit 41 detik
2. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +45
3. Geraint Thomas (Inggris Raya), Ineos Grenadiers +49
4. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +1:03
5. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +1:03
6. Esteban Chaves (Kolombia), Team BikeExchange +1:04
7. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +1:05
8. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +1:20
9. Simon Yates (Inggris) Team BikeExchange, +1:32
10. Lucas Hamilton (Australia), Team BikeExchange +1:35

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 37

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS