Van Aert Menang Time Trial, Pogacar Juara Overall

Gelar juara Tirreno-Adriatico 2021 menjadi milik Tadej Pogacar (UAE Team Emirates). Ini adalah kemenangan keduanya musim ini setelah UAE Tour 2021. Sementara Wout van Aert (Jumbo-Visma) sukses memenangkan Etape 7, Selasa (16/3) malam.

Musim ini adalah debut Pogacar di Tirreno-Adriatico. Namanya sempat kurang diperhatikan karena publik tenggelam oleh persaingan Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) dengan Van Aert. Pembalap 22 tahun itu baru unjuk gigi setelah memenangkan Etape 4 di Prati di Tivo, Sabtu (13/3) lalu.
Kemenangan di Etape 4 itu membawanya naik ke puncak General Classification (GC) menggusur Van Aert. Pogacar tampil sangat konsisten dan berhasil mempertahankan kedudukannya di GC setelah finis keempat di balapan time trial malam ini.

"Ini adalah salah satu balapan satu minggu paling bergengsi. Jadi saya sangat senang bisa memenangkannya. Sekarang saya akan beristirahat dan mengalihkan fokus menuju Basque Country," ucap Pogacar selepas lomba.
Tak hanya menjadi kemenangan pertamanya di Tirreno-Adriatico, Pogacar sekaligus mencatat kemenangan perdana di Italia. Sejak memulai karier di WorldTour pada 2019 silam, Pogacar sudah ambil bagian di lima event balap di Negeri Pizza.

Pembalap asal Slovenia ini mencatat tiga penampilan di Strade Bianche dan sekali partisipasi di Milan-San Remo. Sayang Pogacar gagal naik podium di ketiga balapan itu. Kemenangan pertama di Italia baru diperoleh di Tirreno-Adriatico 2021.

Sementara itu, etape pamungkas menjadi milik Van Aert. Pembalap dari Belgia itu menang balapan time trial di San Benedetto del Tronto. Ia melahap lintasan sepanjang 10,1 kilometer dengan catatan waktu 11 menit 6 detik. Van Aert mengalahkan Stefan Kung (Groupama-FDJ) dan Filippo Ganna (Ineos Grenadiers).

"Meski jaraknya pendek, balapan ini cukup sulit. Tentu saja saya sangat puas dengan hasilnya. Ini merupakan pekan yang fantastis," bilang pembalap 26 tahun tersebut.

Van Aert mendapatkan dua kemenangan etape di Tirreno-Adriatico 2021. Ia finis di urutan kedua di kasemen akhir GC. "Saya bersaing di GC untuk kali pertama dan saya hanya dikalahkan pemenang Tour de France 2020," ucapnya bangga.

Bagi Ganna, ini adalah kekalahan pertamanya sejak menjadi juara dunia time trial 2020. Sebelumnya, rider asal Italia itu memenangkan lima balapan time trial di Giro d'Italia 2020, Etoile de Bessèges 2021, dan UAE Tour 2021. (mainsepeda)

Hasil Etape 7 Tirreno-Adriatico 2021 (Top Ten)
1. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +11:06
2. Stefan Küng, (Swiss), Groupama-FDJ +6
3. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers +11
4. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +12
5. Benjamin Thomas (Prancis), Groupama-FDJ +16
6. Alberto Bettiol (Italia), EF Education-Nippo +18
7. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +24
8. Kasper Asgreen (Denmark), Deceuninck-QuickStep +26
9. Michael Hepburn (Australia), Team BikeExchange +27
10. Tobias Ludvigsson (Swedia), Groupama-FDJ +28

Final General Classification (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 26 jam 36 menit 17 detik
2. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +1:03
3. Mikel Landa (Spanyol) Bahrain Victorious +3:57
4. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +4:13
5. Matteo Fabbro (Italia), Bora-Hansgrohe +4:37
6. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +4:54
7. Tim Wellens (Belgia), Lotto Soudal +5:00
8. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +5:50
9. Vincenzo Nibali (Italia), Trek-Segafredo +6:30
10. Simon Yates (Inggris), Team BikeExchange +7:45

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 35

Foto: Getty Images, Twitter Tirreno-Adriatico


COMMENTS