Alaphilippe Menang, Van Aert Tetap Puncaki GC

Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep) akhirnya memperoleh kemenangan pertamanya musim ini. Juara dunia 2020 tersebut memenangkan Etape 2 Tirreno-Adriatico 2021. Alaphilippe memaksa Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) dan Wout van Aert (Jumbo-Visma) finis kedua dan ketiga di tahapan ini.

Etape 2 Tirreno-Adriatico 2021 menyuguhkan rute sepanjang 202 kilometer. Dimulai dari Camaiore, para pembalap harus harus menanjak di Poggio alla Croce sepanjang 3,5 kilometer dengan gradien 7 persen. Finisnya di puncak Chiusdino, tanjakan sepanjang 7,5 kilometer bergradien 3,5 persen.

Enam pembalap melancarkan breakaway saat lomba belum mencapai sepuluh kilometer pertama. Mereka memimpin di depan peloton dengan gap lebih dari lima menit. Berbagai serangan mulai dilancarkan peloton di sisa 50 kilometer.

Setelah berhasil menangkap grup terdepan, empat pembalap menyerang di 30 kilometer terakhir. Mereka adalah Pavel Sivakov (Ineos Grenadiers), Joao Almeida (Deceuninck-QuickStep), Mikel Landa (Bahrain-Victorious), dan Simon Yates (Team BikeExchange). Mereka tertangkap di dua kilometer pamungkas.

Alaphilippe baru menyerang di kilometer terakhir. Manuver sang juara dunia ternyata gagal dikejar oleh Van der Poel maupun Van Aert. "Kemenangan ini membuat saya sangat bahagia," ucap pembalap 28 tahun itu dalam wawancara seusai balapan.

Ia mengakui bahwa situasi di kilometer terakhir memang menguntungkannya. Ada Almeida yang berada di depan untuk membuka jalan. Sedangkan Kasper Asgreen dan Zdenek Stybar memastikan Alaphilippe bertahan di posisi terdepan bersama para unggulan.

"Jadi saya hanya fokus mempertahankan posisi saya. Sebab ini adalah situasi yang sempurna bagi kami," aku Alaphilippe.

Podium di Etape 2 Tirreno-Adriatico 2021 merupakan kemenangan pertama Alaphilippe musim ini. Rider Prancis ini membuka musim di Tour de la Provence. Kemudian ia tampil di dua ajang one day race di Omloop Het Nieuwsblad dan Strade Bianche. Sayang ia gagal menang di tiga event itu.

Sementara itu, hasil Etape 2 tak belum menggoyahkan posisi Van Aert di puncak General Classification (GC). Alaphilippe membuntutinya di posisi kedua dengan selisih empat detik. Sementara Van der Poel di peringkat ketiga dengan gap delapan detik.

Selanjutnya, pada Etape 3 Tirreno-Adriatico 2021, Jumat (12/3) malam, balapan akan menempuh rute sepanjang 219 kilometer. Lomba dimulai dari Monticiano dan finis di Gualdo Tadino. Tanjakan sepanjang 4,4 kilometer di Poggio della Croce menjadi tantangan yang harus ditaklukkan. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Tirreno-Adriatico 2021 (Top Ten)
1. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep 5 jam 1 menit 32 detik
2. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix +0
3. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +0
4. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +0
5. Alex Aranburu (Spanyol), Astana-Premier Tech +0
6. Robert Stannard (Australia), Team BikeExchange +0
7. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +0
8. Greg Van Avermaet (Belgia), AG2R Citroën +0
9. Tim Wellens (Belgia), Lotto Soudal +0
10. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +0

General Classification usai 2 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 8 jam 37 menit 35 detik
2. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +4
3. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix +8
4. Pavel Sivakov (Rusia), Ineos Grenadiers +11
5. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain-Victorious +13
6. Andrea Vendrame (Italia) AG2R Citroën +14
7. Robert Stannard (Australia), Team BikeExchange +14
8. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +14
9. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +14
10. Alex Aranburu (Spanyol), Astana-Premier Tech +14

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 35

Foto: Getty Images


COMMENTS