La Vuelta a Espana 2020 - Etape 12
Carthy Menang di Angliru, Carapaz Merah Lagi
by - November 01, 2020

Hugh Carthy (EF Pro Cycling) berhasil menaklukkan Alto de l'Angliru di Etape 12 La Vuelta a Espana 2020, Minggu (1/11). Angliru adalah salah satu tanjakan terberat di La Vuelta tahun ini. Sementara Primoz Roglic (Jumbo-Visma) harus menyerahkan jersey merah ke Richard Carapaz (Ineos Grenadiers).

Etape 12 adalah yang terberat sekaligus penutup pekan kedua La Vuelta 2020. Jaraknya memang pendek, sekitar 109,4 kilometer. Namun, para pembalap harus menaklukkan tanjakan Angliru yang terkenal "horor" itu. Ini adalah tanjakan Hors catégorie (HC) sepanjang 13,2 kilometer dengan gradien rata-rata 9,4 persen.

Sebelum menyelesaikan rintangan terberat ini, para pembalap harus menaklukkan dua tanjakan Kategori 3, yakni Aldo del Padrun dan Aldo de Santo Emiliado. Selain itu, pembalap harus melahap dua tanjakan Kategori 1, yakni Alto de la Mozqueta dan Alto del Cordal.


Balapan diawali dengan aksi breakaway oleh 20 pembalap sekaligus. Mereka memimpin selama satu jam pertama di balapan yang melalui kawasan Asturias tersebut. Sempat berjarak tiga menit dari peloton, celah tersebut mulai menipis dalam pendakian menuju Cordal.

Robert Gesink memimpin peloton ke Angliru, dengan Roglic dan empat pembalap Jumbo-Visma lainnya berada tepat di belakangnya. Carapaz mengikuti bersama Chris Froome di sisinya. Pembalap terakhir yang memisahkan diri akhirnya tertangkap saat balapan tersisa 10 kilometer.


Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) memecah grup terdepan menjadi sekitar 15 pembalap. Carapaz mulai terisolasi. Pembalap asal Ekuador itu berjuang sendirian tanpa bantuan domestique.

Enric Mas (Movistar) melakukan manuver sendirian di 3,5 kiolometer terakhir. Tak lama kemudian Carapaz dan Carthy menyerang perlahan menuju Mas. Mereka bersama hingga kilometer pamungkas.


Sementara Roglic mulai melambat di 1500 meter terakhir. Meski didampingi oleh Sepp Kuss, namun runner up Tour de France 2020 ini tak berkutik di pendakian yang curam ini.

Carthy bergerak dengan 1,2 kilometer tersisa. Ia keluar dari pelana dan bergerak meninggalkan Mas dan Carapaz. Di sisi lain Aleksandr Vlasov (Astana) berhasil bergabung dengan kedua pembalap ini. Carthy berhasil finis pertama. Vlasov, Mas, dan Carapaz berada tepat di belakangnya dengan gap 16 detik.


"Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Memenangkan balapan profesional adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Akan tetapi, menang dalam Grand Tour, di tanjakan mistis, rasanya tidak ada yang lebih baik dari itu. Sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata," ucap Carthy seusai balapan.

Kemenangan di Angliru membuatnya melesat ke posisi ketiga di general glassification (GC). Sementara itu, acungan jempol layak diberikan kepada Carapaz. Meski berjuang sendirian di tanjakan horor ini, ia berhasil finis di posisi keempat. Carapaz kembali memuncaki GC dan merebut jersey merah lagi.


"Saya sangat senang bisa memakai jersey merah lagi. Itu hal yang baik bagi saya, tim, dan untuk semua yang telah kami lakukan sejauh ini," bilang juara Giro d'Italia 2019 itu.

Roglic yang melorot ke posisi kedua karena finis kelima di Angliru, mengaku siap bersaing kembali di pekan penentu La Vuelta yang dimulai Selasa (3/11) nanti. "Sekarang kita fokus ke balapan time trial Selasa nanti. Pasti sulit, namun saya akan melakukan yang terbaik," bilang rider asal Slovenia itu. (mainsepeda)

Hasil Etape 12 La Vuelta a Espana 2020 (Top Ten)
1. Hugh Carthy (Inggris Raya), EF Pro Cycling 3 jam 8 menit 40 detik
2. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana +16
3. Enric Mas (Spanyol), Movistar +16
4. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +16
5. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +26
6. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +26
7. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +26
8. Wout Poels (Belanda), Bahrain McLaren +1:35
9. Michael Woods (Kanada), EF Pro Cycling +1:35
10. 7. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +2:15

General Classification usai 12 etape dari 18 etape (Top Ten)
1. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers 48 jam 29 menit 27 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +10
3. Hugh Carthy (Inggris Raya), EF Pro Cycling +32
4. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +35
5. Enric Mas (Spanyol), Movistar +1:50
6. Wout Poels (Belanda), Bahrain McLaren +5:13
7. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +5:30
8. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +6:22
9. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana +6:41
10. Mikel Nieve (Spanyol), Mitchelton-Scott +6:42

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 20

Foto: Getty Images


COMMENTS