Gaudu Raih Kemenangan Perdana di Grand Tour

David Gaudu (Groupama-FDJ) menaklukkan tanjakan Alto de la Farrapona untuk merebut kemenangan di Etape 11 La Vuelta a Espana 2020, Sabtu (31/10) malam. Gaudu sukses menyingkirkan pembalap tuan rumah Marc Soler (Movistar). Sementara Primoz Roglic (Jumbo-Visma) masih berhak atas jersey merah.

Sebelum Etape 11 dimulai, para pembalap menggelar aksi boikot singkat di Villaviciosa. Mereka tidak sepakat dengan perubahan regulasi time gap di akhir Etape 10, Jumat (30/10) kemarin. Perubahan itu membuat Richard Carapaz (Ineos Grenadiers) menyerahkan jersey merah kepada Roglic.


Chris Froome tampil sebagai perwakilan peloton yang berdiskusi dengan penyelenggara La Vuelta, termasuk race director Javier Guillén. Sejumlah pembalap Jumbo-Visma dan Movistar tampak mengelilingi superstar asal Wales tersebut.

"Itu adalah kesalahan komisaris UCI," kata Michael Woods (EF Pro Cycling) kepada Eurosport. "Mereka mengatakan pada awal balapan akan ada jeda tiga detik, bukan jeda satu detik. Tapi pada akhirnya mereka berubah pikiran," ucap Woods.

Beruntung aksi boikot ini tidak bertahan lama. Selang beberap saat, balapan akhirnya dimulai. Etape 11 adalah pemanasan sebelum pembalap menanjak di Alto de L'Angliru, Minggu (1/11) besok. Etape 11 menempuh rute sejauh 170 kilometer dengan empat tanjakan Kategori 1 sebagai menu utama.


Delapan pembalap melarikan diri setelah tanjakan Kategori 3 di Alto de la Campa, 8,5 kilometer setelah start. Kemudian empat pembalap berhasil menyusul sebelum tanjakan Alto de la Colladona. Seluruh pembalap breakaway berhasil tertangkap di 60 kilometer setelah start.

Kelompok anyar terbentuk di 100 kilometer terakhir. Grup ini berisi Bruno Armirail (Groupama-FDJ), Nelson Oliveira (Movistar), Michael Storer (Sunweb), Niklas Eg (Trek -Segafredo), Mark Donovan (Sunweb), Guillaume Martin (Cofidis), Tim Wellens (Lotto Soudal), dan Gaudu. Lalu Soler bergabung di sisa 80 kilometer.


Setelah Wellens tercecer, kedelapan pembalap memimpin sejak 60 kilometer terakhir. Mereka terus memimpin hingga tanjakan Puerto de San Lorenzo. Setelah itu satu per satu pembalap pembalap di grup terdepan mulai melorot dan kembali ke peloton. Hingga tersisa lima orang di 10 kilometer terakhir.

Soler dan Gaudu melesat di sisa 5 kilometer terakhir. Pasangan ini terus memimpin di kilometer pamungkas. Gaudu kemudian bermanuver di 500 meter terakhir. Ia melaju mulus hingga memasuki garis finis. Ini adalah kemenangan pertamanya di La Vuelta dan Grand Tour.


"Saya berteriak karena merasa lega. Kakinya sakit dalam beberapa hari terakhir. Saya karena tidak berjalan dengan baik dan ini musim yang rumit. Kami berjuang di Tour de France dan kami datang ke La Vuelta untuk menjadi lebih ambisius," kata Gaudu seusai balapan.

Besok para pembalap harus menanjak di Alto de L'Angliru. Itu adalah tanjakan Hors catégorie (HC) sepanjang 13,2 kilometer dengan gradien 9,4 persen. Merupakan salah rute terberat di La Vuelta 2020. (mainsepeda)(mainsepeda)

Hasil Etape 11 La Vuelta a Espana 2020 (Top Ten)
1. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ 4 jam 54 menit 13 detik
2. Marc Soler (Spanyol), Movistar +4
3. Michael Storer (Australia), Sunweb +52
4. Mark Donovan (Inggris Raya), Sunweb +52
5. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +55
6. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana +58
7. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +1:03
8. Enric Mas (Spanyol), Movistar +1:03
9. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +1:03
10. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +1:03

General Classification usai 11 etape dari 18 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 45 jam 20 menit 31 detik
2. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +0
3. Dan Martin (Irlandia), Israel Start-Up Nation +25
4. Hugh Carthy (Inggris Raya), EF Pro Cycling +58
5. Enric Mas (Spanyol), Movistar +1:54
6. Marc Soler (Spanyol), Movistar +2:44
7. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +3:31
8. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +3:44
9. Wout Poels (Belanda), Bahrain McLaren +3:54
10. Mikel Nieve (Spanyol), Mitchelton-Scott +4:43

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 20

Foto: Getty Images


COMMENTS